Jantung Pisang Tingkatkan Kekebalan Tubuh, Bisa Cegah Corona

Jantung pisang (dok/brnews)

Di masa pandemi virus corona atau covid-19, banyak orang yang mencari obat untuk membantu mengobati atau mencegahnya. Salah satu yang memberikan hasiat adalah jantung pisang. 

Ketua Pagar Nusa Cabang Kebumen Gus Ashari Ahmad Al-Hasani, mengungkapkan, jantung pisang dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Gus Hari meyakini, jantung pisang ini sangat bermafaat dan bagus untuk dikonsumsi sebagai tambahan lauk makanan sehari-hari. Jelas ini kabar bagus apalagi di tengah maraknya Virus corona seperti saat ini dimana sebagian warga khawatir tertular.

"Saya kira ini baik juga untuk pencegahan Virus Corona. Karena penyakit biasanya menular saat fisik seseorang lemah. Dengan mengonsumsi jantung pisang, kekebalan tubuh kita jadi lebih kuat. Insha Allah, tidak tertular," ujar Gus Hari, saat ditemui di Ponpes Alhasani Desa Jatimulyo Alian Kebumen, kemarin.

Terlepas dari itu, Gus Hari berharap kepada masyarakat, tetap waspada namun tidak panik. Agar tetap sehat dan terhindar dari virus corona, warga diminta tetap  menjaga kebersihan lingkungan serta berharap meminta perolongan Tuhan yang maha kuasa agar terhindar dari segalam macam penyakit, baik dhohir maupun batin.

"Mari kita senantiasa jaga kebersihan diri kita dan berdoa agar kebumen aman terbebas dari segalam marabahaya, terutama Virus Corona yang kini tengah ramai di perbincangkan," ujar dia.

Dalam kesempatan terpisah, Ahli Gizi Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soedirman Kebumen, Asih Handayani,  mengamini jantung pisang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jantung pisang, menurutnya, tidak saja meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan mampu menyembuhkan infeksi, mengatasi diabetes dan anemia, serta meningkatkan suplai ASI.

Bahkan melawan stress. "Jantung pisang dapat melawan radikal bebas, meningkatkan mood dan mengurangi kecemasan. Selain itu juga menjaga kesehatan saluran pencernaan, kesehatan jantung, mencegah gangguan syaraf dan mamfaat lainya bagi tubuh," ujar dia yang dilansir kebumenekspres.com.

Sejuta manfaat jantung pisang tak lepas dari kandungannya. Yakni kalium, vitamin A, C dan E, mineral, lemak, asam amino esensial dan non esensial, tannin dan glikosida serta steroid.

Jantung pisang bahkan biasa digunakan untuk pencegahan penyakit degenerative seperti diabetes mellitus , stroke, jantung koroner, kardiovaskular, obesitas, dislipidemia, hipertensi, penyakit jantung, asam urat dan lain sebagainya.

"Di saat kabar wabah corona ini, yang terpenting adalah menjaga daya tahan tubuh agar virus tidak dapat tidak dapat masuk. Untuk itu dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang maka sangat sulit akan terular dari segala macam virus ataupun penyakit," himbaunya.(kek/ulul).

Subscribe to receive free email updates: