Ini Keistimewaan Baca Sholawat Malam Jum'at dan Hari Jum'at



Dalam sebuah Hadits Nabi SAW dijelaskan:
Paling dekat tempat di antara kalian padaku di hari Kiyamat adalah yang paling banyak bersholawat untukku di dunia, barangsiapa bersholawat padaku di hari dan malam jumat, Allah penuhi untuknya 100 kebutuhan, terdiri dari 70 kebutuhan akhirat dan 30 kebutuhan dunia.

Kemudian Allah mewakilkan malaikat untuk menyampaikan sholawat itu dalam pusaraku layaknya hadiah-hadiah yang diberikan pada kalian, seraya memberi khabar padaku siapa nama, nasab hingga suku orang yang bersholawat untukku, kemudian aku tetapkan namanya pada lembaran putih. (HR. Baihaqi ~ Si’abil Imaan III/111 dan Ibnu ‘Asyaakir VII/109).
“Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling afdhal adalah hari Jum’at. Pada hari itu Adam diciptakan dan diwafatkan, dan pada hari itu juga di tiup sangkakala dan akan terjadi kematian seluruh makhluk. Oleh karena itu perbanyaklah shalawat di hari Jum’at, karena shalawat akan disampaikan kepadaku,

Kemudian para sahabat bertanya pada Nabi “Bagaimana shalawat kami dapat tersampaikan padamu, sementara engkau (wahai Nabi) telah meninggal.. ? Nabi pun menjawab “Sesungguhnya Allah ‘azza wa ‘alaa mengharamkan bumi memakan jasad-jasad kami” (HR. Abu Dawud, Nasai, Ibnu Majah, Ahmad, dan al Hakim dari hadits Aus bin Aus)” .

إذا كان يوم الجمعة وليلة الجمعة فأكثروا الصلاة علي.

“Saat hari dan malam jum’at perbanyaklah bersholawat kepadaku (Nabi)”.
(Al-Umm ~ Assyaafi’i I/208).
Sholawat pada Nabi dapat di lakukan setiap saat, kapan saja karena sholawat menjadi washilah li naili arfa’id darojaat (perantara untuk menggapai paling tingginya derajat), hanya saja dalam beberapa kondisi sholawat teramat sangat diprioritaskan untuk diperbanyak, seperti ungkapan Imam Syafi’i berikut ini :
قال الشافعي رضي الله عنه: (أحب كثرة الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم في كل حال، وأنا في يوم الجمعة وليلتها أشد استحباب) انتهى
“Aku suka membaca banyak sholawat pada Nabi SAW setiap saat, dan membacanya saat hari jum’at serta malamnya aku lebih teramat menyukainya”
والله المستعان وعليه التكلان
KH Damanhuri, Katib Syuriah PCNU Bantul, Pesantren Nidaul Ummah Bantul. (bangkitmedia.com)

Subscribe to receive free email updates: