Maksimalkan Peran KUA, Kemenag Pati Adakan Rakor


rakor kemenag pati (kemenag).

Untuk memaksimalkan peran Kantor Urusan Agama (KUA) di tengah masyarakat, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati melalui seksi Bimas Islam mengadakan Rakor bersama KUA se-Kabupaten Pati, di ruang rapat kantor setempat Jum’at (17/1/2020).

Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Pati Moh. Alimin yang membuka acara  menyatakan bahwa rapat koordinasi bersama seluruh Kepala KUA se Kabupaten Pati ini merupakan Rakor yang pertama kalinya dilaksanakan pada Tahun 2020 ini.

Dalam hal bagaimana kita bisa bersinergi dalam melaksanakan tugas masing-masing demi meningkatkan kinerja antara KUA dengan Bimas Islam.

“Rapat koordinasi ini menjadi hal yang sangat penting dan terus dilakukan agar informasi, komunikasi serta koordinasi bisa berjalan dengan lebih baik. Rapat ini juga bisa dibuat lebih permanen, tanggal berapa semestinya dilaksanakan dan agenda yang dibahas bisa lebih fokus, sehingga bisa berhubungan langsung dengan kinerja,” ungkapnya yang dilansir website kemenag jateng.
Kasi Bimas Islam menghimbau agar pelayanan kepada masyarakat dapat terus di maksimalkan terutama tentang waktu pelayanan agar dapat lebih efisien sehingga masyarakat tidak menunggu lama, misalnya pada pelayanan legalisir buku nikah.

Dengan tema "Mewujudkan Pengelolaan dan Pelaporan PNBP dan NR yang Efektif, Efisien dan Akuntabel" Alimin menginstruksikan agar pelaporan KUA dapat sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan dan disampaikan tepat waktu.

"Kedisiplinan dalam penyampaian laporan serta isi yang akuntabel itu penting, dari sanalah salah satu tolak ukur kinerja KUA," ungkap Alimin.

Selanjutnya ke depan, Alimin juga berkeinginan agar forum koordinasi KUA yang ada dapat dimaksimalkan untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman yang positif untuk bersama meningkatkan peran KUA ditengah masyarakat guna memaksimalkan peran Penyuluh Agama Non PNS di Kecamatan masing-masing. (kmg/alfa).

Subscribe to receive free email updates: