Kementerian Agama Resmikan Pusat Layanan Haji dan Umrah di Kab. Cirebon



Dirjen PHU Prof. Nizar Ali menandatangani prasasti peresmianpusat layanan haji dan umrah di Kemenag Cirebon. (Kemenag).
Setelah Bekasi, Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) kini ada juga di Kankemenag Kab Cirebon. Gedung ini diresmikan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Nizar di penghujung 2019.

Ikut menyaksikan peresmian,  Bupati Kabupaten Cirebon Imron Rosadi. Hadir juga,  Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Muhajirin Yanis, Kakankemenag Kabupaten Cirebon Mujayin, para Kepala Kankemenag se Jabar, Kapolres, Dandim, Kajari, Ketua DPRD, MUI, dan Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (FK Kabihu).
“Selamat atas diresmikannya PLHUT yang pembangunannya menggunakan dan SBSN. Dengan diresmikannya Gedung PLHUT di Kabupaten Cirebon maka sistem pelayanan untuk masyarakat pun harus berubah,” pesan Nizar di Cirebon, Selasa (31/12).
Baca juga: Kemenag Kabupaten Tegal Segera Bangun Gedung PLHUT 

PLHUT menjadi salah satu inovasi Ditjen PHU. Kehadiran PLHUT diharapkan akan memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat yang ingin mendaftar ibadah haji dan umrah.


“Tahun 2019, telah didirikan dua PLHUT di Provinsi Jawa Barat, Cirebon dan Bekasi. Tahun 2020 direncanakan akan dibangun 3 PLHUT yaitu di Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Kerawang, dan Kabupaten Subang,” ujar Nizar.

Baca juga: Jateng Kini Miliki Empat Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu

“Untuk mendirikan Gedung PLHUT harus ada tanah atas nama Kementerian Agama,” lanjutnya dikutip situs resmi Kemenag RI.


Pendirian PLHUT, kata Nizar, untuk memudahkan pelayanan bagi jemaah.  Dengan  PLHUT, jemaah tidak perlu mondar mandir dari Kankemenag ke bank saat mendaftar. PLHUT juga menjadi ruang pelayanan pembatalan, mutasi, konsultasi, serta bimbingan manasik, dan KBIHU.

“PLHUT dibangun dengan desain prototipe. Harapannya, siapapun yang melihat gedung tersebut sudah akan tahu bahwa gedung tersebut adalah tempat layanan haji,” jelasnya.
Kepala Kankemenag Kab. Cirebon, Mujayin, menyampaikan rasa senang dan bangga atas diresmikannya gedung PLHUT di Kabupaten Cirebon. “Peresmian Gedung PLHUT ini adalah hadiah terbaik yang kami terima di penghujung tahun 2019,” ucapnya.

“PLHUT ini nantinya akan memberikan semangat baru dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji,” tambahnya.

Mujayin berharap diresmikannya gedung PLHUT akan dapat memberikan pelayanan yang lebih sempurna, lebih cepat, serta memberikan kenyamanan kepada calon jamaah haji.

Saat ini, jemaah haji yang sudah mendaftar di Kabupatren Cirebon berjumlah 47.000 orang. “Pada tahun 2019, ada 8.000 jemaah yang mendaftar sementara kuota hanya 2.411 orang,” ujarnya. (kmg/alfa).

Subscribe to receive free email updates: