Skip to main content

Daarul Qur’an Siapkan Santri Program Wali Asuh Jadi Pendakwah


Foto BogorOnline

Ratusan santri Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Takhassus berkumpul bersama dengan wali asuh untuk mengikuti gathering santri dan tabligh akbar di Saung Dolken, Cimahpar, Bogor Utara, Kota Bogor pada Ahad (12 /1/2020).

Dalam acara yang digelar Program Pencetak Penghafal Al-Qur’an (PPPA) Daarul Qur’an, para santri unjuk kebolehan melantunkan ayat-ayat suci Alquran dihadapan wali asuh mereka. Para penghafal Alquran atau hafiz ini juga tengah dipersiapkan untuk menjadi pendakwah.

Kepala Cabang PPPA Daarul Qur’an Bogor, Muhammad Thoriqin mengatakan, acara ini sudah menjadi agenda rutin setiap tahun.

Dalam gathering bertema “Mulia Dunai Akhirat dengan Al-Quran” ini, pihaknya ingin mempertemukan orang tua santri sebagai wali asuh dengan anak asuhnya yang mengenyam pendidikan agama di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Takhassus.
“Kita mengajak para wali asuh untuk bertemu langsung dengan anak-anak asuhnya. Karena ada banyak yang belum tahu anak-anak asuhnya, selama ini mereka tahunya dari foto. Tadi banyak sudah bertemu bahkan para santri sudah dianggap seperti anak kandungnya,” kata Thoriqin.

Ia menambahkan, ratusan santri yang hadir dalam acara berasal dari 10 Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Takhassus, di antaranya Cinagara, Cikarang, Brebes, Tegal, Cikeureteg dan Kadu Dampit. Saat ini, ada sebanyak 302 santri Takhassus setingkat SMA yang mengikuti program wali asuh.

“Program wali asuh diperuntukkan untuk para santri yang memang tidak mampu atau duafa. Tapi mereka siap mengikuti ketentuan yang ada di pesantren Takhassus. Jadi setiap bulannya untuk keperluan santri-santri dari donatur atau wali asuh,” terangnya.

Ia juga mengungkapkan, Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Takhassus di Bogor menjadi pelopor pelaksanaan program wali asuh. Untuk itu, program ini selanjutnya akan diduplikasi oleh 10 cabang Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Seperti di Surabaya, Malang, Jogjakarta, Semarang, Bandung, Cirebon, Palembang dan Medan. 

“Santri yang dipilih merupakan penghafal Alquran yang tercepat, bahkan ada yang sebelum satu tahun sudah hafal 30 Juz. Setelah mereka lulusan nanti bisa menjadi pendakwah. Seperti dulu misalnya kita membangun rumah Qur’an di wilayah bencana Gunung Merapi dan Sulawesi dengan tujuan untuk mendidik anak-anak di sana,” imbuhnya.

Thariqin juga mengemukakan, bahwa pihaknya memiliki program pesantren penghafal Alquran yang akan dibuka di lima benua sesuai mimpinya Ustad Yusuf Mansur. Sejauh ini, program tersebut telah ada di daerah Gaza, Malaysia, Afrika dan Jepang.

“Di Eropa sendiri, santri lulusan pesantren Takhassus sudah dikirim, salah satunya untuk berdakwah dan menjadi imam mesjid di sana. Dan masih ada mimpi dari Ustad Yusuf Mansur yaitu membangun 100 pesantren di Indonesia,” kata Thariqin kembali.

Kesempatan itu, dirinya meminta juga dukungan kepada Pemerintah Kota Bogor terkait dengan program wali asuh.
“Tadi saya sampaikan ke Kabag Kesra Pemkot Bogor dan beliau tertarik. Beliau akan membicarakan kepada wali kota Bogor, bahwa kita meminta support-nya supaya staff-staffnya dapat mengambil bagian untuk menjadi wali asuh santri-santri,” tuturnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Pemkot Bogor, H. Iman mengatakan, pihaknya tertarik dengan program wali asuh bagi para santri penghafal Alquran karena ini merupakan generasi penerus yang harus didukung.

“Saya akan sampaikan ke bapak Wali Kota Bogor, nantinya akan disinergikan dengan program Pemkot Bogor,” katanya. (bgol/ulul).

Comments

ARTIKEL POPULER

Tugas Pokok dan Fungsi Penyuluh Agama Islam

BRNews - Kementerian Agama Kabupaten Pati melalui Seksi Bimas Islam melaksanakan pembinaan kepada Penyuluh Agama Islam non PNS tahun 2017 di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, Senin kemarin (24/7/2017).

Santri di Pelosok Sulsel Dapat Bantuan Beras dari ACT

Aksi Cepat Tanggap (ACT) sebagai salah satu lembaga sosial di Indonesia telah menyalurkan bantuan pangan untuk santri yang tengah menuntut ilmu di pesantren pelosok Sulawesi Selatan, tepatnya di Desa Loeha, Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan.

Berdasarkan keterangan resmi ACT Sulsel di Makassar, Senin, ACT telah menyalurkan bantuan beras kepada 96 santri termasuk pengelola Pesantren Darul Istiqamah Towuti
pada Minggu 19 Januari kemarin setelah melalui ratusan kilometer dari pusat Kota Makassar.

"Butuh waktu setidaknya 14 jam untuk tiba di pesantre ini, tapi Alhamdulillah itu membuat kami bersyukur, sebab amanah dari para dermawan betul-betul tepat sasaran," jelas seorang relawan ACT Sulsel, Hasan.

Kata Hasan, sambutan hangat warga pondok disertai senyum para santri membuyarkan rasa lelah tim setelah melalui perjalan yang cukup jauh dan melelahkan. Untuk menjangkau kawasan tersebut, bukan hanya melalui darat tetapi tim ACT juga harus melewati Dan…

KETIKA YANG BERKUASA INGIN LAYANAN SEKSUAL

Oleh Denny JA

Ia berteriak kencang sekali. Semua di ruangan itu terdiam. “JIka saya jatuh, seluruh jaringan Fox News akan jatuh. Karir anda semua akan jatuh. Jangan diam. Bergerak. Cari solusi.”

Itulah perintah dari Roger Ailes, pimpinan tertinggi di stasiun TV yang sangat berpengaruh di Amerika Serikat.

Ia kaget alang kepalang. Salah satu pembawa berita, anak didiknya sendiri, Gretchen Carlson (diperankan oleh Nichole Kidman), menuntutnya secara hukum untuk kasus Sexual Harassment.

Pimpinan program, para pembaca acara lain, reporter, saling menatap. Bisu. Isu pelecehan seksual yang acapkali mereka bicarakan bisik- bisik, takut-takut, kini menjadi berita di seantaro Amerika Serikat.

Roger Ailes, sang tertuduh, sudah mengeluarkan fatwa. Sebagian dari mereka berhutang budi pada Roger. Ia yang membuat mereka bekerja di jaringan berpengaruh. Kehidupan mereka terangkat.

New York Times, 2016, mencatat dan memberitakan bagaimana orang per orang di FOX NEWS membela sang Boss, Roger Ailes, di …

Sebelum Beli, Kenali Ciri Ciri Mobil Bekas yang Pernah Kerendam Banjir



Bagi anda yang ingin membeli mobil bekas harus hati-hati. Kita, sebagai calon pembeli tidak tahu apakah mobil bekas yang akan dibeli pernah kena banjir atau tidak.

Karena, pasti, bagi penjual yang mobilnya pernah kena banjir, juga sudah melakukan perbaikan, sehingga bagi pemakai yang awam atau pembeli mobil bekas yang awam tidak paham bagaimana ciri-cirinya mobil yang pernah kena banjir?

Berikut ini, BMW membagikan sejumlah tips untuk mengenali kendaraan bekas terendam banjir seperti dilansir Antaranews.

1. Periksa rekam perawatan mobil
"Pembeli harus aware terhadap riwayat servis dari mobil yang akan dibelinya. Melihat rekam perawatan mobil merupakan hal pertama yang dapat dilakukan," kata Kepala Cabang BMW Astra Used Car, Terry Tham dalam keterangannya di Jakarta pada Selasa.

Ciri-ciri mobil bekas banjir dapat terlihat dari jenis komponen yang diganti, seperti karet-karet, sisa pengeringan karpet, dan komponen internal mesin pada mobil berusia muda.

2. Cium aroma interior

"Tajir" Tawarkan Pembekalan Usaha Berbasis Syariah Bagi Muslimin yang Telah Hijrah

Kaum muslimin yang sudah melakukan hijrah seringkali merasa kebingungan setelah keluar dari pekerjaan mereka karena tidak memenuhi kaidah Islam atau ekonomi syariah, seperti riba.

Di sisi lain, ada beberapa hal yang ingin dilakukan oleh para muslimin hijrah, yakni bagaimana menyucikan harta yang selama ini dimiliki. Kedua, memiliki pondasi ekonomi untuk menghidupi keluarga mereka.

Melihat hal-hal seperti itu, Co-Founder Tajir sekaligus Ketua Komite Tetap Bidang Keuangan Kadin DKI Jakarta, Tito Maulana, mengenalkan platform "Tajir" sebagai ekosistem yang dapat mewadahi muslimin hijrah,  yang saat ini didominasi oleh kalangan milenial.
"Tajir", sebuah gerakan muamalah kolaboratif, menawarkan pembekalan dan permodalan, salah satunya dalam berusaha atau berdagang dengan prinsip ekonomi syariah kepada kaum muslimin yang telah maupun dalam proses berhijrah.

"Kami berupaya mengumpulkan teman-teman yang hijrah, mengembangkan usahanya, dari yang belum punya us…

Wapres Ma'ruf Berhrap RUU "Omnibus Law" Cipta Lapangan Kerja Degera Disahkan


Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap Rancangan Undang-undang (RUU) Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja dapat segera disahkan untuk mengeliminasi hambatan-hambatan yang selama ini terjadi dalam investasi, ketenagakerjaan dan juga perpajakan.

"Saya mengharapkan kalau cepat, bagus. Kita sudah bisa mengantisipasi hal-hal yang selama ini menjadi hambatan investasi juga tenaga kerja dan perpajakan," kata Wapres Ma'ruf kepada wartawan di Kantor Wapres Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Terkait adanya penolakan dari beberapa pihak terhadap RUU tersebut, Wapres mengatakan Pemerintah telah melibatkan banyak pihak dalam menyusun drafnya

Penyusunan kerangka RUU yang mencakup banyak hal tentang industri dan ketenagakerjaan tersebut telah mengusung dialog dengan pihak buruh dan pengusaha.
"Pemerintah itu kan selalu mendengar berbagai pihak, jadi melakukan dialog-dialog dengan pihak buruh, pihak pengusaha dan pihak-pihak terlibat. Jadi penyusunan itu didasarkan pada berbagai kesepakatan-kesep…

FKPAI Kecamatan Mejayan Madiun Santuni Anak Yatim

Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun, memberikan santunan bagi anak yatim piatu.FKPAI Mejayan terdiri 8 personil Penyuluh Agama Islam NON PNS dibawah koordinasi  H. Kusnan sebagia Penyuluh Agama Islam Fungsional.

MAN IC Gorontalo Sabet Medali di Ajang Olgenas UGM

Mengawali tahun 2020, siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Gorontalo ini  kembali meraih prestasi nasional. Dua siswanya membawa pulang medali pada Olimpiade Geografi Nasional (OLGENAS),  menyabet predikat tim terbaik dari Sulawesi.

Olimpiade itu digelar pada 15 sampai 17 Januari 2020 di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, dan diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Geografi UGM, dimana Ketuanya Dinda Al Anshori merupakan alumnus MAN IC Gorontalo.

Dikutip dari situs Kemenag Gorontalo, pada lomba bertajuk OLGENAS International Geolympiad 2020 itu, MAN IC Gorontalo mengirimkan dua tim. Diantaranya adalah tim 1 terdiri dari Dhimas Purwanto Putra dan Akhyar Izza Rizqillah, keduanya dari kelas XI IPS.

Sementara tim 2 terdiri dari Mohamad Syafrian Samu dari kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Abdul Hakim Al Jauhar Ibnu Zain dari kelas XI Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang berada dalam satu tim dan berhasil menyabet medali pe…

Menteri Agama Tinjau Progres Renovasi Masjid Istiqlal



Usai shalat Jum'at di Masjid Istiqlal, Menag Fachrul Razi meninjau progres renovasi masjid negara ini. Masjid Istiqlal sejak Mei 2019  direnovasi secara menyeluruh. Renovasi dilakukan untuk pertama kalinya sejak diresmikan pada tahun 1978.

Kontrak renovasi masjid ditandatangani dua perusahaan BUMN, yaitu: PT.Waskita Karya selaku Kontraktor Pelaksana dan Manajemen Kontruksi oleh PT. Virama Karya. Total nilai pekerjaan Rp 465.300.000.000,-.
Ada lima ruang lingkup pekerjaan renovasi Masjid Istiqlal, yaitu: penataan kawasan, arsitektur, interior, renovasi sistem mekanikal, elektrikal dan plumbing (MEP) dan signage.

“Untuk proses renovasi gedung utama, ditargetkan selesai pada akhir Maret 2020,” terang Ketua Badan Pelaksana Pembangunan Masjid Istiqlal (BPPMI) Laksma (Purn) H. Asep Saefuddin, usai mendampingi Menag meninjau Masjid Istiqlal, Jum'at (17/1/2020).

“Untuk lahan parkir, dibuat dua lantai, targetnya selesai April 2020,” lanjutnya.

Menurut Asep, Menag juga meninjau ruang VIP d…

MAN 1 Sleman Raih Juara 3 Madrasah Adiwiyata

Terwujudnya Sleman yang bersih indah hijau dengan lingkungan yang nyaman merupakan tanggung jawab bersama.

Lomba adiwiyata antar pesantren dan sekolah serta madrasah merupakan salah satu upaya menciptakan lingkungan yang nyaman untuk belajar.