Banyak Apresiasi Kinerja, Fachrul Razi Akui Ini Kerja Menag Terdahulu


menag fachrul razi (kemenag).

Tiga bulan menjabat sebagai Menteri Agama, Fachrul Razi mengatakan dirinya senang karena di penghujung tahun 2019 Kementerian Agama memperoleh banyak apresiasi kinerja.

Menag Fachrul Razi menyampaikan bahwa ini adalah bagian dari hasil kerja menteri agama terdahulu. "Saya kan baru menjabat di sini selama tiga bulan. Jadi keberhasilan-keberhasilan ini, selain peran dari seluruh ASN, ini juga hasil kerja keras menteri-menteri agama sebelum saya," ucap Menag Fachrul, Kamis (16/1/2020).

"Ke depan, tentu kita akan lebih banyak berbuat, sehingga memperoleh hasil yang lebih baik lagi," sambung Menag dilansir situs Kemenag.
Pernyataan ini disampaikan Menag di hadapan ribuan ASN Kemenag dan tamu undangan yang menghadiri Malam Tasyakuran Hari Amal Bakti ke-74 Kementerian Agama, di Kantor Kementerian Agama, Jakarta.

Turut hadir mendampingi Menag, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama M. Nur Kholis. Malam Tasyakuran dalam rangka Hari Amal Bakti ke-74 ini juga dihadiri Menteri Agama Kabinet Kerja Lukman Hakim Saifuddin dan Menteri Agama periode 2001-2004 Said Agil Al-Munawar. Tampak hadir pula para tokoh lintas agama.

Menag mencatat berbagai pengakuan atas kinerja Kemenag juga telah diberikan oleh beberapa lembaga negara.

Mulai dari pengakuan Badan Pemeriksa Keuangan yang memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan Kemenag. "Dan ini kita peroleh sebanyak tiga kali berturut-turut," kata Menag.

"Ombudsman juga menilai pelayanan publik kita telah dilaksanakan dengan baik, dan memiliki kepatuhan tinggi," ujar Menag.

"Bahkan KUA-KUA kita juga dinilai memiliki pelayanan yang baik oleh Ombudsman," sambungnya.

Belum lagi menurut Menag, Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI) juga mendapat predikat sangat memuaskan.

Namun, Menag mengingatkan, bahwa Hari Amal Bakti Kemenag yang jatuh pada 3 Januari ini merupakan momentum untuk melakukan muhasabah dan evaluasi.
"Karena ke depan, tugas Kementerian Agama semakin berat. Terutama terkait dengan moderasi beragama," tuturnya

Dalam kesempatan tersebut, Menag juga mengapresiasi seluruh peran tokoh agama, masyarakat dan pemerintah daerah yang telah membantu kerja Kementerian Agama.

Bahkan, pada Malam Tasyakuran ini Menag juga memberikan penghargaan kepada enam Kepala Daerah yang dianggap memiliki peran dan kepedulian pada kehidupan beragama di wilayahnya.

"Ya kita harus sampaikan apresiasi kepada kepala daerah, terutama bagi mereka yang telah peduli dalam mengembangkan kehidupan beragama di wilayahnya," ungkap Menag.

Enam Kepala Daerah tersebut adalah Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Riau Syamsuar, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, Bupati Bondowoso Jatim KH Salwa Arifin, Walikota Kupang NTT Jefirstson R. Riwu, dan Bupati Bolaang Mongondow Selatan Sulut Iskandar Kamaru. (kemenag/ulul).

Subscribe to receive free email updates: