MTs.N 9 Boyolali Laksanakan Penilaian Akhir Semester Gasal


MTsN 8 Boyolali (Kemenag Jateng)

Dalam rangka mengakhiri seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran di semester, MTs Negeri 9 Boyolali melaksanakan Penilaian Akhir Semester Gasal. Sesuai dengan kalender pendidikan, Penilaian Akhir Semester  ( PAS ) Gasal ini dilaksanakan mulai 2 Desember 2019 sampai 9 Desember 2019.
Di tahun pelajaran 2019/2020 ini , Penilaian Akhir Semester  Mts Negeri 9 Boyolali, diikuti oleh 502 siswa, yang terdiri dari 195 siswa kelas 7, 155 siswa kelas 8 , dan 152 siswa kelas 9. Seluruh siswa terbagi dalam 16 ruang.
Kegiatan penilaian akhir semester gasal di MTs Negeri 9 berjalan lancar  sesuai rencana dan jadwal, tanpa ada kendala yang berarti. Pelaksanaan PAS dimulai pukul 07.30. Namun demikian kegiatan rutin sholat dhuha dilaksanakan seperti biasanya jam 07.00 tanpa menggangu proses Penilaian semester gasal.
Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Boyolali, Ali Imron mengatakan bahwa dilaksanakannya penilaian akhir semester gasal ini bertujuan agar madrasah dapat mengetahui pencapaian kompetensi siswa setelah belajar selama satu semester.
“Penilaian semester gasal ini dilaksankan disamping karena kewajiban madrasah untuk melakukan penilaian tiap semester, juga untuk memantau kemajuan belajar siswa selama satu semester," kata Ali Imron dilansir Kemenag Prov. Jateng.
Setelah selesai melaksanakan kegiatan Penilaian Akhir Semester  (PAS) ini, wali kelas akan membagikan laporan nilai hasil beajar pada 21 Desember 2019. Raport penilaian akhir semester gasal ini diperoleh hasil PAS dan beberapa penilaian harian sebelumnya, dimana nantinya akan digunakan untuk mengetahui kemajuan para siswa secara individual  sehingga para guru dapat memberikan perhatian lebih bagi mereka yang mengalami kemunduran dalam proses belajar.
Selain itu, agar guru mendapatkan umpan balik dari para siswa  atas proses pendidikan yang telah dilaksanakan sehingga guru memiliki referensi yang akurat atas kemampuan para siswa dalam proses belajar.
“Selain itu, hasil penilaian yang nanti didapatkan setelah melaksanakan penilaian akhir semester akan kami jadikan acuan untuk melakukan perbaikan pada semester yang akan datang,” lanjutnya.
Tidak lupa ali imron memohon doa dan dukungan agar siswa siswi MTsN 9 Boyolali agar menjadi manusia yang berguna bagi nusa, bangsa, dan agama.
“Mohon doa dari semuanya, semoga anak-anak MTs Negeri 9 Boyolali, bisa menjadi insan- insan yang sholeh dan sholikah,tangguh, mandiri serta percaya diri dalam menghadapi tantangan masa depan yang semakin komplek,” pungkasnya. (kemenag jateng/ulul).

Subscribe to receive free email updates: