Mempermudah Bayar Zakat, BAZNAS Luncurkan Aplikasi Berbasis Android


Foto Antara

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bekerja sama dengan MonsterAR meluncurkan aplikasi" augmented reality" berbasis android yang memungkinkan para penggunanya memindai setiap logo BAZNAS yang ditemui.

"Selain informasi, para pengguna juga bisa melakukan pembayaran zakat, infak, sedekah dan kurban, yang nantinya akan terhubung ke laman BAZNAS," kata anggota BAZNAS, Emmy Hamidiyah, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa (24/12/2019).

Aplikasi bernama BAZNAS AR itu diluncurkan pada Senin (23/12). Emmy mengatakan melalui "augmented realitiy" itu juga bisa digunakan sebagai kalkulator zakat untuk menghitung besarnya zakat yang harus dikeluarkan.

Selain itu, kata dia, aplikasi tersebut juga berisi tentang program-program BAZNAS yang langsung terhubung dengan laman pendistribusian dan pendayagunaan BAZNAS serta fitur layanan layanan bantuan 24 jam.
Baca juga: Terima Tim Seleksi Anggota Baznas, Menag: Jangan Ada Kepentingan Pribadi

Emmy mengatakan BAZNAS kembali berinovasi melalui "augmented reality". Banyak manfaat yang bisa diperoleh melalui aplikasi di Play Store tersebut. Lewat aplikasi yang dapat diunduh di Play Store itu pengguna dapat memindai logo BAZNAS pengguna akan mendapatkan layanan info seputar zakat, infak dan sedekah.

Baca juga: Di Rembang, Potensi Perolehan Zakat dari PNS

Baca juga: Baznas Siak Launching ATM Beras di Masjid Abdul Jalil Muzaffarsyah


Menurut dia, inovasi tersebut menjawab tantangan dunia zakat untuk memerangi kemiskinan melalui pendekatan digital seiring era teknologi 4.0.

Sejak 2016, dia mengatakan BAZNAS menerapkan layanan digital dalam pengumpulan zakat dari masyarakat. Hasilnya, setiap tahun masyarakat yang membayar zakat menggunakan layanan digital terus meningkat.

Sementara itu, Direktur Utama MonsterAR, Rizal Pamungkas, menyambut baik atas terjalinnya kerja sama dengan BAZNAS.

"Kami akan terus kembangkan teknologi terkini yang kedepannya dapat diimplementasikan, sebagai komitmen kami membantu BAZNAS dalam melakukan pendekatan ke muzaki lewat layanan informasi dan pembayaran zakat," kata dia. (antara/alfa).

Subscribe to receive free email updates: