Ketua FKG PAI-TK Provinsi Jambi: Kompetensi Guru Harus Dikembangkan Dalam Mengajar


Foto Kemenag Jambi
Forum Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam Taman Kanak-Kanak (FKG PAI-TK) merupakan forum strategis bagi pengembangan kompetensi guru pengembang pembelajaran PAI di Taman Kanak-kanak.

FKG PAI TK Provinsi Jambi yang mengorganisir lebih dari 300 guru PAI-TK se-provinsi Jambi sendiri telah terbentuk secara resmi dibawah naungan Kementerian Agama Provinsi sejak 2012.

"Jadi, FKG PAI-TK ini resmi dibawah naungan Kementerian Agama Provinsi Jambi, sehingga hak dan kewajiban guru-guru PAI TK ini sama dengan guru-guru yang berada dibawah naungan Kemendikbud," ungkap Ketua FKG PAI-TK Provinsi Jambi, Zulaeka.

Zulaeka menambahkan, forum ini dapat menjadi sarana pendorong bagi guru-guru PAI tersebut agar terdaftar di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) sebagai lembaga penyelenggara sertifikasi guru sehingga guru tersebut memiliki terdaftar di link Program Pendidikan Profesi (PPG) Guru dan tersertifikasi kedepannya. 
"Kalau tidak terdaftar di LPTK, tidak dapat didaftarkan di link PPG," jelas Zulaeka seperti dilansir websiet Kemenag Jambi.

FKG PAI-TK ini akan berupaya memberikan pembinaan kepada guru-guru TK se-provinsi Jambi untuk mengembangkan kompetensi guru-guru PAI-TK itu sendiri. Salah satu wujud pembinaan yang dilakukan adalah Workshop Pengembangan Kompetensi Guru PAI TK yang diadakan Rabu (13/11) di Aula Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi.

Sementara itu, Ketua panitia sekaligus sekretaris FKG PAI-TK Provinsi Jambi, Samawati menjelaskan bahwa workshop ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan guru dalam mengajar di sekolah mereka masing-masing, seperti pengembangan kemampuan metode tilawah atau cepat dan tepat membaca Alquran secara benar, dan pengembangan kemampuan penggunaan tekhnologi (ICT) kepada sekitar 178 peserta yang terdiri dari guru PAI-TK se-Provinsi Jambi.

Beliau berharap agar workshop ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. "Kami selaku pengurus dan panitia berharap agar workshop ini terus dilanjutkan," harapnya. (kmg/ulul).

Subscribe to receive free email updates: