Kabupaten Tuban Juara Umum MTQ ke 28 Tingkat Provinsi Jatim



Foto Kemenag Jatim

Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Jawa Timur XXVIII, yang dipusatkan di  Kabupaten Tuban resmi ditutup pada Sabtu malam (2/11/2019…
Juarapun sudah diumumkan,  Kabupaten Tuban keluar sebagai juara umum.  Kabupaten Tuban tidak hanya sukses sebagai tuan rumah, namun berprestasi naik peringkat sebagai juara umum, dari sebelumnya pada posisi keenam belas pada MTQ XXVII di Kabupaten Pasuruan tahun 2017.
Kemegahan acara terlihat dengan disuguhkannya kembang api serta performa atraktif para pengisi acara dari pembukaan hingga penutupan. Mulai hiburan lokal Kabupaten Tuban, paduan suara, gambus El Kiswah, band Wali hingga band Letto.
Penetapan juara pertama MTQ Jatim diraih kafilah Kabupaten Tuban dengan 132 poin. Juara kedua diraih Kabupaten Sidoarjo dengan 114 poin, dan di posisi ketiga diraih Kabupaten Lamongan dengan torehan 111 poin, Kabupaten Gresik 110 poin, Kabupaten Malang 71 poin, Kabupaten Pasuruan 71 poin, Kabupaten Lumajang 66 poin, Kabupaten Jombang 58 poin, Jember 49 poin dan kabupaten Kediri 47 poin.
Penetapan 10 besar juara itu, berdasarkan keputusan Dewan Hakim MTQ  XXVIII tingkat Provinsi Jawa Timur 2019,  Keputusan Dewan Hakim Nomor: 01/DH/KEP/XI/2019.

Dalam sambutannya, Bupati Tuban, H. Fathul Huda mengatakan sangat senang dan bahagia, apa yang di harapkan yakni sukses pelaksanaan dan sukses prestasi pelaksanaan MTQ Jatim di Kabupaten Tuban lebih dari  harapan.
"Alhamdulillah, target 5 besar namun alhamdulillah di kasih lebih oleh Allah SWT, terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, memberikan kontribusi pelaksanaan MTQ Jatim. Semangat kita bersama seluruh masyarakat Tuban untuk memberikan yang terbaik pada pelaksanaan MTQ, sukses prestasi dan sukses pelaksanaan," ujarnya.
Sementara itu Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan perhelatan acara dua tahunan di Kabupaten Tuban berlangsung sukses. Dengan meningkatnya peringkat dari 16 ke pertama ini adalah ada usaha yang sistemik dan terukur.
"Tujuan digelarnya MTQ bukan semata-mata untuk meraih juara dan memperebutkan piala, melainkan sebagai tugas mulia dalam menjalankan syiar islam dan mampu memasyarakatkan Al Qur'an, dan insyaallah MTQ  Jatim 2021 di laksanakan di Kabupaten Pamekasan Madura," jelasnya.
Gubernur mengajak kepada semua yang hadir membacakan Fatihah untuk salah satu dewan hakim Kiai Hanan dari Jember yang di panggil Allah usai melaksanakan tugas sebagai dewan hakim.
Sebagai informasi pelaksanaan MTQ Jawa Timur di Tuban sebagai tolok ukur pelaksanaan MTQ Nasional dengan konsep IT. (kemenag/ulul).

Subscribe to receive free email updates: