Ponpes Assalam Simpang Raya Kubar Tuan Rumah Hari Santri 2019


Para pengasuh Ponpes di Kubar siap sukseskan peringatan hari santri 22 Oktober 2019 mendatang. Foto Kemenag Kubar.

Pondok pesantren Assalam Arya Kemuning Kecamatan Simpang Raya siap menjadi tuan rumah hari santri nasional tahun 2019. Ponpes ini terpilih secara aklamasi karena berdiri paling lama di Kabupaten Kutai Barat. 

Keterangan ini mencuat dalam hasil rapat pesiapan hari santri yang dilaksanakan di aula kantor Kemenag Kubar,(2/10/2019). Plt kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Kutai Barat H. Achmad Sofyan memimpin acara ini.

Untuk tahun lalu peringatan serupa di laksanakan di MTsN Kutai Barat. Setelah Ponpes Assalam peringatan hari santri akan dilaksanakan di Ponpes lainnya secara bergilir.
Pemerintah telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai hari santri nasional. Artinya lembaga Ponpes telah diakui sebagai salah satu elemen masyarakat yang turut serta dalam mencerdaskan anak bangsa yang menjunjung tinggi nilai moral serta aklaq kepada Allah SWT.

Keberadaan para santri tidak bisa dipandang sebelas mata, pasalnya Indonesia merdeka tak lepas dari upaya perjuangan para santri pada saat itu. Menepis anggapan anak santri berjiwa ekstrim, justru santri dapat membawa kesejukan di tengah masyarakat. 

Baca juga: Sambut Hari Santri 2019, Kemenag Gelar Santri Millenial Competitions
Baca juga: 126 Makalah Dibahas pada Muktamar Pemikiran Santri Nusantara 2109

"Pesantren bukan wadah mendidik anak yang di pandang nakal oleh keluarga dan masyarakat. Justru Pesantren benar-benar menampung anak didik bangsa yang ingin berpengetahuan lebih dunia dan akhirat," tegas Ustadz Kosasih, pengurus Ponpes Hidayatullah pada pertemuan tersebut.

Plt KakanKemenag Kubar H. Sofyan menyebutkan, mekanisme peringatan hari santri disusun sedemikian rupa agar dapat terlaksana dengan sukses. "Siapa saja yang diundang perlu di perhatikan, kalau perlu aneka lomba dan bakti sosial dapat di gelar sebelumnya untuk menyambut peringatan ini," tutur Sofyan saat memberi pengarahan. (kemenag/ulul).

Subscribe to receive free email updates: