Pembukaan Pentas PAI IX Tampilkan Tari Mabissu


Penari Mabissu. Foto Ditjen Pendis

Tari Mabissu atau disebut juga tari Maggiri akan meriahkan pembukaan Pentas Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) Tingkat Nasional ke IX  2019 di Provinsi Sulawesi Selatan yang dibawakan para pemain Bissu.
Siaran pers Ditjen Pendis menyebutkan, Pentas PAI ke IX ini diselenggarakan di Asrama Haji Sudiang Makassar Sulawesi Selatan, 10 - 14 Oktober 2019. Pembukaan event ini akan dilangsungkan Kamis  (10/10) akan dibuka Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.
Menurut Kepala Bidang Pais Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan, Muhammad Rasbi di Makassar, Rabu (9/10), tari Mabbisu ini merupakan kebudayaan dari Provinsi Sulawesi Selatan, sama dengan peragaan kesenian bernama debus yang berasal dari dari provinsi Banten.
"Pemain Bissu ini berjenis kelamin laki-laki dan diperagakan oleh enam bissu utama dan dipimpin oleh ketua bissu. Bissu yang memperagakan gerakan tari ini memiliki sifat seperti perempuan atau Calabai orang Bugis menyebutnya, terang Rasbi.

Baca juga: Kontingen Pentas PAI Maluku Kontingen Pertama Tiba Di Makassar
Baca juga: Ribuan Siswa Millenial akan Meriahkan Pentas Pendidikan Agama Islam di Makassar

Selain itu, pembukaan akan dimeriahkan oleh sejumlah penampilan seni dan drama bertema Generasi milenial yang moderat yang dibawakan siswa siswi Sekolah Menengah Atas di Makassar, juga penampilan paduan suara dari Kelompok Kerja Guru (KKG) se provinsi Sulawesi Selatan.
Ia berharap Pentas PAI yang merupakan ajang kompetisi keterampilan dan seni pendidikan agama Islam yang diikuti siswa siswi terbaik se Indonesia dapat berjalan lancar. (alfa/ulul)

Subscribe to receive free email updates: