Perilaku Seseorang Dipengaruhi Oleh Genetiknya

RadarBogor

Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IPB University mengadakan simposium penelitian terbaru mengenai perilaku yang didasari oleh genetik. Simposium dilaksanakan di Auditorium Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University di Kampus Dramaga, Bogor beberapa waktu lalu (9/9/2019).

Pembicara yang dihadirkan dalam simposium ini adalah Yohei Terai, PhD dari Hayama, Jepang, Kanthi Arum Widayati, PhD peneliti sekaligus dosen di Departemen Biologi IPB University, Michael Raymond, PhD dari University of Montpellier, Perancis, Sarah Nila, PhD dan Winati Nurhayu, PhD yang telah menuntaskan program doktornya di IPB University tahun ini.

Dari simposium itu mengungkapkan bahwa  perilaku setiap mahluk hidup pasti ada yang mendasarinya. Hal yang mendasari ini dilihat dari segi sains adalah genetik. Kumpulan gen-gen yang berkumpul menjadi satu kesatuan dan pada akhirnya membentuk perilaku setiap mahluk hidup.

Salah satunya adalah penggunaan tangan dominan. Winati Nurhayu dalam penelitiannya menemukan hasil bahwa penggunaan tangan dominan didasarkan oleh keturunan atau genetika.

Topik yang telah hangat belakangan ini pun turut dibahas dari sisi sains, yaitu perilaku feminim pada laki-laki. Penelitian Sarah menunjukkan bahwa ada gen bernama Pleiotropic yang dapat diekspresikan pada wanita dan pria. Jika gen ini diekspresikan pada pria, maka akan meningkatkan femininitas pada pria. Menggunakan morfometrik pada wajah pria non-feminim dengan pria feminim, Sarah mengatakan bahwa wajah pria feminim terlihat kurang maskulin.

Lain halnya dengan penelitian Michel Raymond. “Sikap manusia yang mengambil atau menjauhi risiko pun turut ditentukan oleh genetik dari manusia tersebut,” ujarnya.

Yohei Terai yang meneliti Macaca di Pulau Sulawesi pun menemukan terdapat spesies hybrid yang disebabkan dari tidak jelasnya garis keturunan dari para Macaca. Hal ini menyebabkan adanya evolusi dari para Macaca. (rdb/ulul).

Subscribe to receive free email updates: