Skip to main content

Pengamat Media Apresiasi Kemajuan Pendidikan Mathla'ul Anwar

Aat Surya Safaat. (Antara)
Pengamat media Aat Surya Safaat mengapresiasi komitmen segenap Pengurus Besar, Majelis Amanah, Majelis Fatwa, Dewan Pembina serta Pengurus Wilayah, Pengurus Daerah dan Perguruan Mathla’ul Anwar dalam memajukan ummat di bidang pendidikan.

“Alhamdulillah sudah banyak kemajuan yang dicapai Mathla’ul Anwar di bidang pendidikan, bahkan Ormas tersebut telah mengembangkan kerjasama yang intensif dengan lembaga pendidikan di Singapura, Malaysia, dan Turki melalui pengembangan Mathla'ul Anwar Global School,” kata Aat kepada pers di Jakarta, Ahad (1/9/2019).

Pemimpin Redaksi Kantor Berita ANTARA 2016-2017 yang juga pernah menjadi Kepala Biro Antara di New York selama lima tahun (1993-1998) itu mengemukakan keterangan tersebut kepada pers ketika diminta tanggapannya terkait eksistensi Mathla’ul Anwar yang kini sudah berusia lebih dari satu abad.

Kini Mathla’ul Anwar telah memiliki pengurus wilayah di 30 provinsi, 63 perguruan, dan ribuan madrasah yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan telah memiliki perguruan tinggi, yakni Universitas Mathla’ul Anwar (UNMA). UNMA saat ini merupakan perguruan tinggi swasta terkemuka di Provinsi Banten.

Mathla'ul Anwar didirikan pada 10 Ramadhan 1334 Hijriah atau 10 Juli 1916 oleh KH E Mohammad Yasin, KH Tb Mohammad Sholeh, dan KH Mas Abdurrahman serta dibantu oleh sejumlah ulama di daerah Menes, Kabupaten Pandeglang. Sebagian diantara para pendiri sebelumnya telah mendapatkan pendidikan di Timur Tengah.

Ormas tersebut didirikan berselang empat tahun setelah berdirinya Muhammadiyah serta sepuluh tahun lebih awal dibanding NU. Muhammadiyah dirikan pada 18 Nopember 1912 di Kauman Yogyakarta oleh KH Ahmad Dahlan dan NU pada 31 Januari 1926 di Surabaya Jawa Timur oleh KH Hasyim Asyari.

Mahtla’ul Anwar itu sendiri memiliki arti sebagai tempat terbitnya cahaya, dimaksudkan sebagai upaya pembebasan umat dari kebodohan dan keterbelakangan
melalui pengembangan bidang pendidikan, dakwah, dan sosial sebagai usaha dan perjuangan organisasi.

Lebih lanjut Aat mengemukakan, meski relatif sudah banyak kemajuan yang dicapai Mathla’ul Anwar di bidang pendidikan, Ormas tersebut perlu terus berbenah dan melakukan langkah-langkah perbaikan dalam upaya penguatan jati diri dan peningkatan kualitas lembaga-lembaga pendidikan yang dikelolanya.

Dalam kaitan itu pula, lanjutnya, Rakernas Mathla’ul Anwar yang berlangsung di Menes Pandeglang dari 30 Agustus sampai 1 September 2019 perlu menegaskan kembali komitmennya untuk memajukan bidang pendidikan, dakwah, dan sosial sebagai sebuah gerakan strategis yang memberi andil bagi peningkatan kualitas kehidupan ummat.

Wartawan senior tersebut lebih lanjut mengemukakan, ke depan para kader dan tokoh Mathla’ul Anwar yang menduduki posisi penting, khususnya yang berada di jajaran legislatif (DPR dan DPRD) dan di lingkungan akademis harus proaktif dalam menyikapi isu-isu nasional, khususnya yang terkait bidang pendidikan.

Selain itu, para pelajar dan mahasiswa yang berada di lingkungan lembaga-lembaga pendidikan yang dikelola Mathla’ul Anwar harus makin dipacu supaya memiliki prestasi akademis yang dapat dibanggakan, terlebih akselerasi (percepatan) kemajuan di bidang pendidikan tetap harus menjadi tujuan utama organisasi.

"Strategi lain yang tidak kalah pentingnya adalah pendekatan yang baik dengan massa, karena pers dapat menyebarluaskan informasi apapun secara cepat dan massif. Ini yang sering saya tekankan,” kata Asesor Wartawan Utama pada Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI yang juga Humas Mathla’ul Anwar itu.

Ia juga mengemukakan, usulan pemberian penghargaan Pahlawan Nasional bagi pendiri Mathla'ul Anwar Syeh KH Mas Abdurrahman perlu terus diupayakan mengingat jasa-jasa almarhum yang besar dalam perjuangan kemerdekaan serta dalam memajukan dunia pendidikan di Tanah Air.(antara).

Comments

ARTIKEL POPULER

Presiden Jokowi Berbelasungkawa Atas Wafatnya BJ Habibie


Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi RSPAD Gatot Subroto tempat BJ Habibie mendapat perawatan intensif.

Jokowi hadir di rumah sakit bersama Ibu Negara Iriana Jokowi dan didampingi putranya, Gibran Rakabuming Raka. Presiden menyampaikan, atas nama seluruh rakyat Indonesia dan pemerintah, rasa duka citanya yang mendalam atas kepergian Eyang Habibie.


"Bapak Habibie kita kenal sebagai seorang ilmuwan kelas dunia, dan bapak teknologi Indonesia, serta beliau adalah Presiden RI yang ketiga. Beliau berpulang ke Rahmatullah dalam usia 83 tahun. Dan nantinya dari RSPAD Gatot Subroto akan dibawa ke rumah duka beliau di Kuningan," kata Jokowi, Rabu (11/9).

Presiden mengaku tiba di RSAPD Gatot Subroto berselang lima menit setelah meninggalnya Presiden ketiga RI tersebut. Presiden memandang bahwa Habibie merupakan negarawan yang patut dijadikan contoh dan teladan bagi masyarakat Indonesia. (rol/alfa).

Jimly Berharap Generasi Muda Indonesia Menjadikan Habibie Jadi Teladan


Cendekiawan muslim Jimly Asshiddiqie mengikuti tahlilan dan doa bersama untuk almarhum Presiden ke-3 RI BJ Habibie. Dia menyakini almarhum meninggal husnul khotimah.

"Wajahnya tersenyum dan meninggal persis tidak lama sesudah Maghrib. Saya rasa semua mendoakan mudah-mudahan beliau sudah bersama ibu Ainun di beri tempat terbaik di sisi Allah SWT," katanya di rumah duka Patra Kuningan XIII Blok L XV Kav 5, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis malam (12/9/2019).
Dia berharap sosok BJ Habibie dijadikan teladan khususnya untuk pemuda-pemudi di Indonesia.
"Kita belajar dari kearifan pengabdian beliau untuk kita teruskan, banyak sekali yang bisa kita petik pelajaran terutama dari yang muda, antara lain misalnya kecintaan pada indonesia yang tidak pernah berkurang, dalam keadaan sakit beliau terus memperlihatkan cinta tanah air," jelasnya.
Sebelumnya, Putra BJ Habibie, Ilham Habibie menyebut tahlilan akan dilaksanakan selama 40 hari. Tahlilan dan doa bersama dig…

Tahun 2020, Kementerian PUPR Tambah Anggaran Infrastruktur di 5 Kawasan Pariwisata

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada tahun 2020 memproyeksikan peningkatan anggaran untuk pembangunan infrastruktur di lima Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas yakni Danau Toba, Borobudur, Lombok, Labuan Bajo, serta Manado Bitung-Likupang.
Pembangunan infrastruktur di lima KSPN dilakukan secara bertahap dimana tahun 2019 dianggarkan sebesar Rp 1,7 triliun untuk pembangunan infrastruktur meningkatkan konektivitas, sumber daya air, perumahan dan permukiman. Untuk mengakselerasi pengembangan di lima KSPN tersebut, Kementerian PUPR akan meningkatkan pagu anggaran infrastruktur menjadi sebesar Rp 7,1 triliun pada tahun 2020.

Dalam siaran pers Humas Kemenpurr, Menteri Basuki Hadimuljono mengatakan Kementerian PUPR melaksanakan visi dan misi Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan dan mempercepat pembangunan di lima destinasi yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo setelah rapat terbatas pada 15 Juli 2019.
“Sektor pariwisata ad…

Alissa Wahid: KPK Lemah Negara Dijarah

Putri Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid, Alissa Wahid, mengkritik revisi UU KPK. Revisi UU No 30 Tahun 2002 itu dinilai sebagai bentuk penjarahan terhadap negara.

Alissa mengungkapkan penolakannya terhadap revisi UU KPK lewat akun Twitter-nya sejak beberapa hari belakangan. Sejak sebelum Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan persetujuan terhadap revisi UU KPK, ia sudah concern terhadap isu itu.
"Selama ini upaya pengerdilan @KPK_RI lewat Revisi UUKPK selalu ditolak dengan suara rakyat. Apakah benar, kalau keputusan DPR minggu ini bisa menggiring pak @jokowi menjadi Presiden pertama yang melakukannya? #TolakRevisiUUKPK," tulis Alissa di Twitter pada 9 September 2019 seperti dilansir detikcom, Sabtu (14/9/2019).


Alissa terus menyuarakan penolakan. Ia menyoroti soal keputusan DPR yang secara kilat menyusun revisi UU KPK, apalagi di akhir periode anggota DPR ini.

"Banyak Operasi Tangkap Tangan menunjukkan korupsi bagai kanker stadium 4. Siapa yg dipaksa beb…

Keluarga Besar MAN 3 Karawang Gelar Doa Untuk BJ. Habibie

Keluarga besar Madrasah Aliyah Negeri 3 Karawang menggelar dzikir dan doa bersama untuk almarhum Prof. Dr. Ing. BJ. Habibie. Kegiatan dzikir dan doa bersama dilaksanakan di halaman Kampus MAN 3 Karawang selepas Kegiatan Pra KBM.

Kegiatan doa bersama digelar sebagai bentuk rasa cinta keluarga besar MAN 3 Karawang kepada Presiden Republik Indonesia ke-3 tersebut. Seluruh keluarga MAN 3 Karawang merasa sangat kehilangan tokoh bangsa sekaligus cendikiawan muslim yang rendah hati dan sederhana itu.

Seluruh guru dan siswa MAN 3 Karawang dengan penuh khusyu berdoa kepada Allah SWT agar beliau diampuni segala dosanya serta ditempatkan di tempat yang terbaik disisi Allah SWT. Dan kepada keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan.

Kepala Madrasah, H. Muhamim Sarifulloh, mengatakan kegiatan dzikir dan doa bersama dilaksanakan karena kecintaan keluarga besar MAN 3 Karawang kepada BJ. Habibie. Beliau berharap semoga para siswa juga dapat mencontoh keteladanan beliau. (kemenag/u…

Menkes Nilai Penanganan Kesehatan Jamaah Haji 2019 Berhasil


Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek menilai penanganan kesehatan jemaah haji tahun ini dinilai cukup berhasil. Hal itu bisa dilihat dari jumlah jemaah yang telah kembali dengan selamat ke kampung halaman.

“Keberhasilan itu dihitung dalam arti mereka (Tim Kesehatan) bisa menjaga sekian ratus ribu jemaah haji yang bisa kembali ke Tanah Air,” kata Menkes di sela kunjungan ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, Juma (13/09).
Keberhasilan penanganan kesehatan juga tak lepas dari pelaksanaan istithaah terhadap jemaah haji secara ketat. Karena itu Menkes berharap istithaah tetap dilakukan sebaiknya-baiknya.
“Bahkan kami meminta para calon jemaah haji memeriksa kesehatannya dari jauh-jauh hari, agar fisik mereka tetap sehat pada saat keberangkatan,” ujarnya.
Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan, Eka Jusuf Singka menambahkan, pada tahun ini ratusan jemaah haji batal berangkat ke Tanah Suci karena tidak memenuhi syarat istithaah. “Yang tidak memenuhi …

Akibat Kabut Asap, Sejumlah Penerbangan di Bandara Pekanbaru Tertunda

(/br> Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang makin pekat mulai berdampak buruk pada aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II (SSK II) di Kota Pekanbaru, Riau, Jumat (13/9/201).

Dilaporkan Antara,  di Bandara Sultan Syarif Kasim II, penerbangan pesawat maskapai Citilink rute Pekanbaru-Yogyakarta terpaksa ditunda (delay) dari jadwal seharusnya pukul 07.45 WIB. Kemudian pesawat maskapai Citilink tujuan Jakarta dan Lion Air tujuan Medan juga mengalami nasib yang sama.


Pesawat Garuda Indonesia tujuan Jakarta juga menunda jadwal penerbangan selama satu jam. Seharusnya pesawat dijadwalkan terbang pukul 11.05 WIB, namun mundur jadi 12.05 WIB.

Sementara itu, pesawat Lion Air tujuan Batam dengan jadwal penerbangan pukul 11.40 WIB terlihat dibatalkan.

Executive General Manager (EGM) Bandara Sultan Syarif Kasim II, Yogi Prasetyo, membenarkan ada beberapa penerbangan pada pagi hari yang tertunda karena kondisi cuaca. Namun, otoritas bandara bel…

Pasokan Air Menipis, PDAM Solo Gelar Shalat Istisqa


Kemarau panjang yang terjadi di Kota Solo dan sekitarnya membuat ketersediaan air bersih menipis. Krisis air mengancam Kota Bengawan, apalagi daerah sekitar Solo yang selama ini menjadi penyokong air bersih juga mengalami kekeringan.

Harapan satu-satunya adalah turunnya hujan dari langit. Untuk itu Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Toya Wening Solo menggelar salat istisqa atau salat meminta hujan. Doa bersama tersebut dilakukan oleh para karyawan pada Kamis (12/9) siang, di halaman kantor PDAM, Jalan Adi Sucipto. Sekitar 50 karyawan PDAM Solo dengan khusyu mengikuti kegiatan tersebut.
"Salat istisqa ini kami maksudkan untuk memohon kepada Allah SWT, agar diturunkan hujan yang barokah di wilayah Solo RAYA," ujar Direktur Teknik PDAM Solo, Tri Atmaja.
Menurut dia, akibat kemarau panjang tersebut, kekeringan tak hanya berdampak pada daerah aliran sungai (DAS) Bengawan Solo yang ada di Jawa Tengah, namun juga berdampak pada pencemaran air di DAS Bengawan Solo y…

BKKBN Ajak Generasi Milenial Manfaatkan Bonus Demografi


Kepala BKKBN Republik Indonesia, Hasto Wardoyo mengajak generasi milenial di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyikapi dan memanfaatkan peluang bonus demografi, agar mampu bersaing di dunia global.

"Saya mengajak adik-adik mahasiswa agar menjadi generasi unggul yang luar biasa, karena kalian adalah calon generasi masa depan bangsa ini," kata Hasto Wardoyo saat mengisi materi dalam kuliah umum kepada mahasiswa STKIP Muhammadiyah Babel di Pangkalpinang, Kamis malam (12/9/2019).

Ia mengatakan kuliah umum kependudukan "Pengembangan materi pendidikan kependudukan jalur formal, non formal dan informal sesuatu kearifan lokal" kali ini, bertemakan "Peran Generasi Milenial memanfaatkan Peluang Bonus Demografi" dapat memberikan motivasi bagi mahasiswa dalam meningkatkan kualitas belajar dan memahami bonus demografi.

"Sebagai mahasiswa baru harus memiliki semangat yang luar biasa agar bisa menjadi generasi unggul, dimana saat ini generasi milenial sudah mas…

Bertemu Mitra Kerja Saudi, PPIH Sampaikan Saran Perbaikan Haji


Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menggelar Apreciation Night Hajj 2019. Acara berlangsung di Aula Kantor Urusan Haji KJRI Jeddah.

Hadir, sejumlah mitra kerja PPIH dalam penyelenggaraan haji, mulai dari  Muassasah Asia Tenggara, pihak otoritas bandara internasional Malik Abdul Aziz, Jeddah, pihak General Authority Civil Aviation (GACA) Arab Saudi, serta para penyedia layanan akomodasi, katering, dan transportasi yang terbaik di Makkah dan Madinah.
Dari PPIH, hadir penanggung jawab Nizar Ali, Konjen RI Hery Sarifudin, Ketua Endang Djumali, serta jajaran PPIH lainnya.
Kesempatan bertemu mitra kerja dimanfaatkan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar untuk menyampaikan sejumlah saran dan masukan. Kepada Pemerintah Arab Saudi, Nizar berharap tahun depan ada lagi penambahan kuota yang diiringi peningkatan kapasitas dan kualitas layanan di Arafah dan Mina.
"GACA agar dapat memberikan jadwal slot time penerbangan lebih awal kepada Kementerian Aga…