Skip to main content

Menyusuri Rute Jamaah Haji di Kota Tua Jeddah


Kota Tua Jeddah (Foto MCH).

Suasana beda sudah terasa saat menginjakkan kaki di lokasi ini. Gerbang yang terbuat dari batu karang kokoh menyambut, penanda pintu masuk.
Puluhan rumah menara atau bertingkat, terbuat dari batu dan kayu sebagian besar tampak sudah rusak dimakan usia. Meski bentuknya masih terlihat cukup sempurna. Kontras dengan gedung modern, yang berada disekelilingnya.

Beberapa remaja tampak bermain dan bercengkerama di lapangan, yang berada tepat di depan gerbang batu. Menunjukkan jika wilayah ini masih berpenghuni.
Inilah Kota Tua Jeddah. Awal mula sejarah keberadaan kota yang menjadi pintu masuk ke Makkah dan Madinah. Lokasi tepatnya, di Al-Balad Historical District. Terletak di pantai timur Laut Merah. Kota ini konon telah berumur 3.000 tahun.
Merunut sejarah, di sini dulu jemaah haji dari seluruh dunia menginjakkan kaki saat pertama kali menuju Tanah Suci. Usai berpuluh hari hingga hitungan bulan naik kapal laut dari negaranya masing-masing.
Demikian diceritakan Kamal Albaladi, warga setempat yang sukarela mengantar Tim Media Center Haji (MCH) lainnya, berkeliling kota tua Jeddah.
"Rute haji dimulai pada zaman Khalifah Utsman bin Affan membangun gerbang menuju Makkah dan Madinah. Jalur ini digunakan jemaah haji sejak itu," ujar dia mengawali cerita.
Kala itu, jemaah haji menggunakan berbagai alat transportasi darat untuk sampai menuju Tanah Haram. Mulai dari onta, kuda, keledai hingga berjalan kaki.
Berbeda dengan saat ini, perjalanan jemaah haji harus ditempuh cukup lama menuju dua kota suci, usai tiba di Jeddah.
"Jemaah dari India, Indonesia, hingga china semua negara datang ke pelabuhan ini," Kamal menambahkan.
Peran kembar ini membuat Jeddah berkembang menjadi pusat multikultural, dicirikan oleh tradisi arsitektur yang khas. Salah satunya rumah menara.

Sebagai lokasi singgah jemaah haji membuat kota Jeddah bertumbuh. Adalah Pangeran Husein Kurdi yang membangun kota Jeddah usai masa Khalifah Utsman bin Affan.
Dimulai dari pembangunan tembok di pinggir laut. Konon dari sini nama Jeddah berasal, yang artinya daerah pinggir laut.
Namun ada juga yang menyebut Jeddah mengacu pada keberadaan Istri Nabi Adam, Siti Hawa. Usai dikirim dari surga, Siti Hawa kemudian turun di Kota Jeddah. Di kota inipula dia dimakamkan.
Dulu, luasan kota Jeddah hanya 1 kilometer persegi hingga kini meluas jadi 5.000 kilometer persegi.
Kota Jeddah kala itu terdiri dari 4 distrik yakni As-syam. Lokasi berada di utara. Lokasinya tepat berada di gerbang batu yang disebut dengan Babul Madinah. Di sinilah rute jemaah haji menuju Madinah.
Distrik kedua ada Al-Yaman. Semua yang datang dari selatan disebut sebagai Al-Yaman.
Ketiga adalah Al Mathloum yang berarti innocent. Terkait satu kisah tentang seorang pria suci yang ahli agama dan dimakamkan di wilayah ini. Distrik ini terletak di Timur Laut.
Sementara keempat adalah distrik Al-Bahar yang berarti di pinggir pantai. Lokasinya terletak di barat daya
Distrik ini kemudian dihuni penduduk kota Jeddah. Mereka membangun rumah menara yang kini masih bisa dilihat peninggalannya.
Sekitar 7.000 orang masih tinggal di Kota tua Jeddah hingga saat ini.
Selain rumah indah yang berusia ratusan tahun, terdapat sebuah masjid bernama Al-Syafi.
Konon umur dari peribadatan Umat Islam ini mencapai 1.000 tahun. Dilengkapi dengan menara yang berumur 800 tahun.
Kota tua Jeddah dahulu menjadi lokasi utama keberadaan Kedutaan Besar berbagai negara dari seluruh dunia. Seperti Amerika Serikat, Rusia, Peranci, Jerman, Yunani termasuk Indonesia.
Kabar baiknya, demi melestarikan kota tua Jeddah, Putra Mahkota Saudi, Muhammad bin Salman, telah mengeluarkan dekrit kerajaan.

Isinya memerintahkan Kementerian Kebudayaan untuk melakukan restorasi 50 bangunan bersejarah di Kota Tua Jeddah.
Memang, tampak beberapa rumah menara sedang dalam proses restorasi.
Selain rumah bersejarah, di Kota Tua Jeddah juga bisa ditemukan kedai kopi, galeri seni, museum maupun toko yang dimiliki warga setempat.
Bila melihat sejarahnya, Kota Tua Jeddah patut menjadi salah satu destinasi jemaah haji bila berada di Arab Saudi.(mch/ha)

Comments

ARTIKEL POPULER

Presiden Jokowi Berbelasungkawa Atas Wafatnya BJ Habibie


Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi RSPAD Gatot Subroto tempat BJ Habibie mendapat perawatan intensif.

Jokowi hadir di rumah sakit bersama Ibu Negara Iriana Jokowi dan didampingi putranya, Gibran Rakabuming Raka. Presiden menyampaikan, atas nama seluruh rakyat Indonesia dan pemerintah, rasa duka citanya yang mendalam atas kepergian Eyang Habibie.


"Bapak Habibie kita kenal sebagai seorang ilmuwan kelas dunia, dan bapak teknologi Indonesia, serta beliau adalah Presiden RI yang ketiga. Beliau berpulang ke Rahmatullah dalam usia 83 tahun. Dan nantinya dari RSPAD Gatot Subroto akan dibawa ke rumah duka beliau di Kuningan," kata Jokowi, Rabu (11/9).

Presiden mengaku tiba di RSAPD Gatot Subroto berselang lima menit setelah meninggalnya Presiden ketiga RI tersebut. Presiden memandang bahwa Habibie merupakan negarawan yang patut dijadikan contoh dan teladan bagi masyarakat Indonesia. (rol/alfa).

Tahun 2020, Kementerian PUPR Tambah Anggaran Infrastruktur di 5 Kawasan Pariwisata

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada tahun 2020 memproyeksikan peningkatan anggaran untuk pembangunan infrastruktur di lima Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas yakni Danau Toba, Borobudur, Lombok, Labuan Bajo, serta Manado Bitung-Likupang.
Pembangunan infrastruktur di lima KSPN dilakukan secara bertahap dimana tahun 2019 dianggarkan sebesar Rp 1,7 triliun untuk pembangunan infrastruktur meningkatkan konektivitas, sumber daya air, perumahan dan permukiman. Untuk mengakselerasi pengembangan di lima KSPN tersebut, Kementerian PUPR akan meningkatkan pagu anggaran infrastruktur menjadi sebesar Rp 7,1 triliun pada tahun 2020.

Dalam siaran pers Humas Kemenpurr, Menteri Basuki Hadimuljono mengatakan Kementerian PUPR melaksanakan visi dan misi Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan dan mempercepat pembangunan di lima destinasi yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo setelah rapat terbatas pada 15 Juli 2019.
“Sektor pariwisata ad…

Bertemu Mitra Kerja Saudi, PPIH Sampaikan Saran Perbaikan Haji


Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menggelar Apreciation Night Hajj 2019. Acara berlangsung di Aula Kantor Urusan Haji KJRI Jeddah.

Hadir, sejumlah mitra kerja PPIH dalam penyelenggaraan haji, mulai dari  Muassasah Asia Tenggara, pihak otoritas bandara internasional Malik Abdul Aziz, Jeddah, pihak General Authority Civil Aviation (GACA) Arab Saudi, serta para penyedia layanan akomodasi, katering, dan transportasi yang terbaik di Makkah dan Madinah.
Dari PPIH, hadir penanggung jawab Nizar Ali, Konjen RI Hery Sarifudin, Ketua Endang Djumali, serta jajaran PPIH lainnya.
Kesempatan bertemu mitra kerja dimanfaatkan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar untuk menyampaikan sejumlah saran dan masukan. Kepada Pemerintah Arab Saudi, Nizar berharap tahun depan ada lagi penambahan kuota yang diiringi peningkatan kapasitas dan kualitas layanan di Arafah dan Mina.
"GACA agar dapat memberikan jadwal slot time penerbangan lebih awal kepada Kementerian Aga…

Jimly Berharap Generasi Muda Indonesia Menjadikan Habibie Jadi Teladan


Cendekiawan muslim Jimly Asshiddiqie mengikuti tahlilan dan doa bersama untuk almarhum Presiden ke-3 RI BJ Habibie. Dia menyakini almarhum meninggal husnul khotimah.

"Wajahnya tersenyum dan meninggal persis tidak lama sesudah Maghrib. Saya rasa semua mendoakan mudah-mudahan beliau sudah bersama ibu Ainun di beri tempat terbaik di sisi Allah SWT," katanya di rumah duka Patra Kuningan XIII Blok L XV Kav 5, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis malam (12/9/2019).
Dia berharap sosok BJ Habibie dijadikan teladan khususnya untuk pemuda-pemudi di Indonesia.
"Kita belajar dari kearifan pengabdian beliau untuk kita teruskan, banyak sekali yang bisa kita petik pelajaran terutama dari yang muda, antara lain misalnya kecintaan pada indonesia yang tidak pernah berkurang, dalam keadaan sakit beliau terus memperlihatkan cinta tanah air," jelasnya.
Sebelumnya, Putra BJ Habibie, Ilham Habibie menyebut tahlilan akan dilaksanakan selama 40 hari. Tahlilan dan doa bersama dig…

Asap Makin Pekat Warga Sampit-Palangka Raya Shalat Istisqa

Sejak tiga hari belakangan ini kondisi udara di wilayah Kota Palangka Raya dan Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur di Provinsi Kalimantan Tengah semakin pekat  membuat warga berinisitif menggelar Shalat Istisqa (shalat minta hujan) sesuai tuntutan Islam dengan harapan Allah SWT menurunkan hujan agar kebakaran hutan dan lahan serta asap yang terjadi saat ini bisa segera berakhir.
Warga perumahan Bangas Permai yang merupakan kawasan padat penduduk di Kota Palangka Raya, Rabu pagi menggelar Shalat Istisqa di lapangan sekitar Masjid Al Fattah.

Sementara di Sampit juga digelar Shalat Istisqa dan pada Selasa(10/9) juga  dilaksanakan shalat minta hujan oleh Kepolisian Resort Kabupaten Kotawaringin Timur.

"Usaha di lapangan memadamkan kebakaran lahan sudah kita lakukan bersama, tapi ternyata masih terjadi kebakaran lahan dan asap. Makanya selain upaya di lapangan, kita juga melakukan ikhtiar berserah diri meminta agar Allah SWT menurunkan hujan," kata Wakapolres Kompol Endro Wibow…

UIN Palembang Siapkan Pusat Kajian Manuskrip Keagamaan Nusantara


Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang menyiapkan Pusat Kajian Manuskrip Keagamaan Nusantara dalam upaya mengembangkan penelitian mengenai naskah-naskah Melayu lama.

Wakil Rektor I UIN Raden Fatah Palembang Ismail Sukardi pada Sabtu mengatakan bahwa Pusat Kajian Manuskrip Keagamaan Nusantara (PKMKN) akan mengumpulkan sebanyak mungkin manuskrip lama kemudian meneliti dan memublikasikannya.



"Selama ini di Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang sudah ada Majelis Reboan yang membahas tentang manuskrip, semoga majelis ini bisa dikembangkan lewat kolaborasi dengan Fakultas Adab dan Humaniora agar penelitiannya lebih dalam," katanya.

Menurut dia, Sumatera Selatan pernah menjadi pusat kajian sastra Melayu Nusantara pada abad 17 sampai 19.

"Bukti-bukti peninggalan pusat kajian sastra Melayu itu sangat banyak, tapi banyak yang belum digali secara serius dari sisi manuskrip, di situlah UIN RF mengambil peran," katanya.

PKMKN akan menjadi bagian dari Pusat Penel…

Produk Produk Daerah Bandung Dipamerkan di Hong Kong

Produk-produk fesyen dari daerah Bandung, Jawa Barat, dipamerkan di ajang Centrestage di Hong Kong yang merupakan salah satu ajang pameran busana terbesar di Asia.
"Bahan tekstil Indonesia memiliki kualitas yang baik di pasar internasional dan mampu berkompetisi di kancah global. Oleh karena itu, kami berharap akan banyak buyer yang membeli barang-barang dari Indonesia meskipun di tengah lesunya ekonomi Hong Kong," kata Konsul Perdagangan Konsulat RI di Hong Kong Iqbal S Shofwan, di Jakarta, Jumat (6/9).
Enam rumah mode di bawah bimbingan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung itu mendapat kesempatan menggelar produknya di ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Hong Kong Trade Development Council selama 4-7 September 2019.
Rumah mode itu adalah Namisae yang menampilkan produk baju dan asesoris unik dari bahan batik serta tenun; Netaly menampilkan baju batik, tenun dan kain etnik; Mine menampilkan aksesori dari tembaga; dan Bamboo Studio menam…

Keluarga Besar MAN 3 Karawang Gelar Doa Untuk BJ. Habibie

Keluarga besar Madrasah Aliyah Negeri 3 Karawang menggelar dzikir dan doa bersama untuk almarhum Prof. Dr. Ing. BJ. Habibie. Kegiatan dzikir dan doa bersama dilaksanakan di halaman Kampus MAN 3 Karawang selepas Kegiatan Pra KBM.

Kegiatan doa bersama digelar sebagai bentuk rasa cinta keluarga besar MAN 3 Karawang kepada Presiden Republik Indonesia ke-3 tersebut. Seluruh keluarga MAN 3 Karawang merasa sangat kehilangan tokoh bangsa sekaligus cendikiawan muslim yang rendah hati dan sederhana itu.

Seluruh guru dan siswa MAN 3 Karawang dengan penuh khusyu berdoa kepada Allah SWT agar beliau diampuni segala dosanya serta ditempatkan di tempat yang terbaik disisi Allah SWT. Dan kepada keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan.

Kepala Madrasah, H. Muhamim Sarifulloh, mengatakan kegiatan dzikir dan doa bersama dilaksanakan karena kecintaan keluarga besar MAN 3 Karawang kepada BJ. Habibie. Beliau berharap semoga para siswa juga dapat mencontoh keteladanan beliau. (kemenag/u…

Presiden Jokowi: Habibie Negarawan yang Patut Dicontoh


Presiden RI Joko Widodo menyebut sosok Presiden ketiga RI Baharuddin Jusuf Habibie seorang negarawan yang patut dijadikan contoh kehidupan berbangsa sehari-hari.

"Beliau adalah seorang negarawan yang patut dijadikan contoh kehidupan sehari-hari," ujar Jokowi di Rumah Sakit Angkatan Darat Gatot Soebroto Jakarta, Rabu.


Jokowi mengatakan bapak teknologi di Indonesia bahkan dunia itu selalu memberikan solusi untuk bangsa. Selama menjabat sebagai presiden, Jokowi kerap berkonsultasi ke Habibie tentang berbagai macam persoalan negara.

"Beliau selalu langsung menyampaikan solusinya, jalan keluarnya. Beliau sering datang ke istana," ujar Jokowi.

Jokowi datang ke RSPAD Gatot Soebroto lima menit setelah Habibie meninggal dunia. (ant/alfa).

Habibie meninggal pada pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Soebroto setelah menderita masalah pada jantungnya. Jasadnya akan dibawa menuju kediamannya di Patra Kuningan.

Sebanyak 44 tim dokter dipimpin oleh tim dokter kepresidenan sudah bekerj…

BKKBN Ajak Generasi Milenial Manfaatkan Bonus Demografi


Kepala BKKBN Republik Indonesia, Hasto Wardoyo mengajak generasi milenial di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyikapi dan memanfaatkan peluang bonus demografi, agar mampu bersaing di dunia global.

"Saya mengajak adik-adik mahasiswa agar menjadi generasi unggul yang luar biasa, karena kalian adalah calon generasi masa depan bangsa ini," kata Hasto Wardoyo saat mengisi materi dalam kuliah umum kepada mahasiswa STKIP Muhammadiyah Babel di Pangkalpinang, Kamis malam (12/9/2019).

Ia mengatakan kuliah umum kependudukan "Pengembangan materi pendidikan kependudukan jalur formal, non formal dan informal sesuatu kearifan lokal" kali ini, bertemakan "Peran Generasi Milenial memanfaatkan Peluang Bonus Demografi" dapat memberikan motivasi bagi mahasiswa dalam meningkatkan kualitas belajar dan memahami bonus demografi.

"Sebagai mahasiswa baru harus memiliki semangat yang luar biasa agar bisa menjadi generasi unggul, dimana saat ini generasi milenial sudah mas…