Kadis Pendidikan DKI: Tingkat Literasi Jakarta Perlu Ditingkatkan

Foto Antara
Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Ratiyono mengatakan bahwa tingkat literasi di DKI Jakarta perlu ditingkatkan guna mendorong budaya berliterasi masyarakat.

"Memang perlu ditingkatkan. Artinya budaya literasi masyarakat perlu didorong untuk membiasakan anak berliterasi," katanya kepada Antara di Jakarta, Jumat (6/9/2019).

Ia mengatakan bahwa budaya berliterasi warga di Jakarta perlu ditingkatkan karena masih belum maksimal, tanpa menyebut angka atau persentasenya secara pasti.

Tingkat literasi di DKI Jakarta berdasarkan jenis kelamin menurutnya hampir sama antara laki-laki dan perempuan, tanpa juga menyebutkan persentasenya secara pasti.

Sementara itu, daerah dengan tingkat literasi paling rendah di Jakarta, kata dia, berada di daerah yang kemungkinan sosial ekonominya masih kurang baik.

"Kita harus ada intervensi dari negara," katanya. Untuk meningkatkan budaya literasi masyarakat, Dinas Pendidikan DKI telah menyediakan banyak perpustakaan yang tersebar di banyak lokasi di Jakarta dan fasilitas pendukung lainnya.

Kemudian, mereka juga kerap mengadakan lomba sehingga upaya untuk membiasakan budaya berliterasi membaca dan menulis menjadi lebih menyenangkan.

Dinas Pendidikan DKI juga membuat sejumlah kerja sama dengan Dinas Perpustakaan guna mendorong minat masyarakat untuk berliterasi. (ant/alfa).

Subscribe to receive free email updates: