Jamaah Haji Kloter 26 Asal Sultra Tiba di Debarkasi Makassar

Foto Antara

Jamaah haji Kelompok Terbang (Kloter) 26 asal Provinsi Sulawesi Tenggara tiba dengan selamat di Debarkasi Hasanuddin Makassar, Jumat, setelah menunaikan ibadah haji di tanah suci Mekah, Arab Saudi.



Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Selatan Anwar Abubakar menyambut langsung jamaah haji tersebut.

"Selamat datang kembali ke tanah air para tamu Allah, semoga ibadah haji yang dilakukan selama lebih dari sebulan diridoi dan membawa manfaat untuk semuanya," ujarnya.

Anwar yang juga Ketua Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi-Debarkasi Hasanuddin Makassar berharap semua jamaah haji yang baru tiba itu mendapat kemabruran selama ibadah.

Jumlah Jamaah Haji Provinsi Sulawesi Tenggara tergabung dalam Kloter 26 UPG sebanyak 453 orang termasuk petugas kloter. Pada rombongan ini jumlahnya tidak utuh lagi karena ada satu yang meninggal dunia di Arab Saudi.

"Yang pergi ke tanah suci ada 455 orang dan kembali ke tanah air 453 orang. Seorang jamaah haji meninggal dunia dan satunya lagi dirawat di Madinah," katanya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara H Abdul Kadir menyampaikan bahwa sepulang dari beribadah, fisik dan mental, maka status sosial para jamaah haji meningkat. Tanggungjawab sosial haji juga ikut menjadi berat.

"Salah satu bukti dari kesempurnaan Rukun Islam kita setelah berhaji adalah bagaimana seluruh ketertiban dan kedisiplinan beribadah selama berada di tanah suci harus ditingkatkan, minimal sama seperti saat kita berada di sana, jagalah itu semua jangan sampai kualitasnya malah tambah menurun, sebab di sanalah sesungguhnya nilai kemabruran haji kita bisa dinilai," katanya. (antara).


Subscribe to receive free email updates: