02 August 2019

Maghrib Mengaji di Teluk Sebong Bintan Bahas Moderasi Beragama

foto kemenag kepri
BRNews.id - Bertempat di Masjid Jamiatul Aula Kampung Sungai Kecil KUA (Kantor Urusan Agama) Kecamatan Teluk Sebong Bintan mengadakan kegiatan Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji  (GM3). Sebagai pengisi tausiyah adalah Kepala KUA Teluk Sebong; Fadhil Muslimin, S.Ag dengan mengangkat tema mengenai moderasi beragama.




      
Fadhil mengutip Surat Al-Baqarah Ayat 30 yang artinya: Dan ingatlah ketika Allah berfirmat kepada Malaikat; “Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi ini.” Lalu Malaikat berkata; “ Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau”, Allah berfirman kembali; “Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”

Dari ayat itu Fadhil menjelaskan bahwa manusia memiliki dua potensi yaitu potensi kebaikan dan potensi kemaksiatan. Oleh karena itu manusia perlu diberi pemahaman moderasi beragama agar benar dalam melaksanakan ajaran Agama Islam. Fadhil menambahkan bahwa pemahaman moderasi beragama adalah pemahaman agama yang menyejukkan umat, yang rahmatan lil ‘alamin, tidak ekstrim dan tidak radikal.
Hadir pada kesempatan itu Camat Teluk Sebong; Sri Heny Utami, S.Sos, M.Si. Dalam sambutannya ia meminta agar seluruh Mesjid, Musholla, dan TPQ yang ada di Kecamatan Teluk Sebong agar aktif melaksanakan kegiatan GM3. 

Heny berharap para Penyuluh Agama Islam (PAI) PNS dan Non PNS, Kepala TPQ dan Mubaligh dapat membantu memantau kegiatan Mahgrib Mengaji ini.
“Saya juga akan memantau kegiatan ini, saya juga berharap agar Lurah dan Kades dapat mengakomodir massa untuk mengikuti kegiatan Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji di Kecamatan Teluk Sebong ini,” harapnya.
Kegiatan ini diawali dengan shalat maghrib berjamaah dan dilanjutkan dengan pembacaan surat Yasin yang dipimpin oleh Muardi, S.Ag. Kegiatan di Mesjid yang berlokasi di Kampung Sungai Kecil Desa Sebong ini dihadiri oleh Camat Teluk Sebong, Kepala KUA dan jajarannya, Lurah dan Kades, PAI Non PNS, Pengurus Mesjid dan Kepala TPQ (Taman Pendidikan Quran). (kemenag kepri/alfa). 

Berita Terkait

No comments:

Post a Comment