02 August 2019

Dinas Pertanian Gelar Sosialisasi Cara Pemotongan Hewan Kurban

foto kemenag kaltim
BRNews.id - Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten Paser bekerja sama dengan  Kantor Kementerian Agama Kab. Paser mengadakan kegiatan sosialisasi Penerapan Kesejahteraan Hewan dalam Penanganan Hewan Qurban bagi Pengawas KESMAVET dan Panitia Penyelenggara Pemotongan Hewan Qurban, Kamis (1/8/2019).




Kegiatan tersebut diselenggarakan di Aula Kantor Kemenag Paser dan diikuti 150 orang yang meliputi ASN Kantor Kemenag Paser, panitia/pengurus masjid, penjual ternak, UPT Lingkup peternakan dan Kesehatan hewan, petugas kesehatan hewan dan tamu undangan lainnya. 

Ketika ditemui disela-sela kegiatan, Ketua Panitia Sriatun, S.Pt, yang juga menjabat sebagai Kasi Kesmavet Dinas Pertanian Bidang Peternakan mengatakan, kegiatan ini bertujuan memberikan bekal ilmu yang memadai tentang seluk beluk hewan qurban, keterampilan mengelola penyelenggaraan qurban sejak dari perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, pemotongan, pengepakan dan pendistribusian.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk mensinergikan peranan pengawas Kesehatan masyarakat veteriner (Kesmavet) dalam melakukan pengawasan ditempat pemotongan hewan qurban baik masjid, kantor maupun sekolah.

Lebih lanjut dikatakannya, semoga kegiatan ini dapat membentuk kader kesehatan hewan qurban disetiap kelompok masyarakat (RT,RW) Masjid atau unit-unit pemotongan hewan) serta mempersiapkan kader kesehatan hewan qurban yang memiliki pengetahuan dan keterampilan. 

"Teknik dan cara pemeriksaan kesehatan hewan qurban secara umum., dan juga menanamkan kesadaran kepada masyarakat bahwa kesehatan hewan dan bahan pangan asal hewan (khususnya daging) sangat penting artinya bagi kesehatan manusian,”pungkasnya.




Sementara itu, Kakankemenag Paser H. Mohlis S.Ag, MM., saat ditemui sebelum kegiatan mengatakan, atas nama Kepala Kantor Kemenag Paser mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pertanian atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi penerapan Kesejahteraan Hewan dalam Penanganan Hewan Qurban bagi Pengawas KESMAVET dan Panitia Penyelenggara Pemotongan Hewan Qurban di Kantor Kemenag Paser. 

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini khususnya pada hari raya qurban kita semua dapat mengetahui ilmu dasar tentang  hewan yang akan di qurbankan sehingga pada hari H nya nanti (Idul Adha.red)  kita dapat menyeleksi dan menyiapkan daging qurban yang sesuai standar kesehatan yang layak untuk dikonsumsi dan sesuai dengan syarat Islam,”ucapnya.  

Dikatakannya juga, bahwa ini adalah momentum pas bagaimana kita belajar memotong hewan kurban secara baik dan benar.  

"Oleh karenanya saya harapkan seluruh yang hadir dapat mengikuti dan bila tidak faham maka tanyakanlah kepada narasumber dan semoga kegiatan ini membawa manfaat bagi masyarakat yang ada di Kab. Paser ini,”pungkasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan 1 hari dengan narasumber kegiatan dari LPPOM MUI Prop. Kaltim. (kemenag kaltim).

Berita Terkait

No comments:

Post a Comment