17 Agustus Jamaah Haji Mulai Pulang ke Tanah Air

Sebanyak 13 kelompok terbang (kloter) menjadi yang pertama kembali ke Tanah Air pada 17 Agustus 2019. Jemaah akan diterbangkan dari Bandara King Abdulaziz, Jeddah.
Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Arsyad Hidayat mengatakan jemaah haji reguler sudah harus tiba di bandara Jeddah dari Makkah, 8 hingga 10 jam sebelum waktu terbang. 




"Setidaknya jemaah sudah sampai di Bandara Jeddah pada waktu 6 jam sebelum pesawat take off," jelas dia di Makkah, Kamis (15/08). 
Adapun jemaah haji yang pulang pada fase awal ini, merupakan yang berasal dari gelombang pertama. Mereka pada awal kedatangan telah lebih dulu tiba di Madinah.
Ke-13 kloter tersebut, antara lain berasal dari Embarkasi Jakarta, Palembang, Lombok, Surabaya, Padang, Solo dan Batam.
Terkait pemulangan ini, Arsyad mengingatkan kembali jemaah untuk memperhatikan berbagai larangan terkait barang bawaan di koper atau bagasi.
"Maksimal barang bagasi jemaah itu 32 kg tas koper dan kabin 7 kg," jelas dia.
Beberapa barang yang tak boleh dibawa, di antaranya air zam-zam. Kemudian benda tajam serta uang yang melebihi ketentuan Arab Saudi.
"Itu dipastikan akan kena sweeping dari pihak maskapai (satu perusahaan yang ditunjuk untuk sweeping). Oleh karena itu, kami mengimbau seluruh jemaah haji taat," dia menegaskan.(mch/azka).

Subscribe to receive free email updates: