Penyusunan Kabinet Jokowi-Ma'ruf Selesai Sebelum Agustus

dok/ist
BRNews.id - Tahapan proses politik dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden sudah tuntas dengan ditetapkannya Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin sebagai pasangan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024.

Agenda terakhir tinggal pelantikan keduanya pada 20 Oktober 2019 mendatang. Kini penantian publik tertuju pada penyusunan kabinet.



Wakil Direktur Saksi Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Lukman Edy mengungkapkan ada empat tahap yang dilakukan Jokowi dalam pembentukan kabinet.


Pertama, Jokowi-Kiai Ma’ruf dibantu oleh tim akan terlebih dahulu menyusun nomenklatur kementerian.

"Apakah nantinya tetap 34 kementerian atau misalnya terjadi penggabungan, pemisahan, atau pengurangan. Kalau menambah enggak boleh karena itu diatur dalam Undang-Undang Kementerian Negara tidak boleh lebih dari 34 kementerian,” tutur Ketua DPP PKB ini, Senin (15/7/2019).

"Tahapan kedua yaitu Jokowi-Kiai Ma’ruf akan menyusun formula berapa persen menteri yang berasal dari partai politik (parpol), berapa persen dari akademisi, berapa persen dari TNI/Polri, atau dari sumber rekrutmen lain,” paparnya.

Setelah ketemu formulanya, pada tahapan ketiga, Presiden Jokowi akan membuat kriteria para calon menteri. Setelah ada kriteria ini orang-orangnya, maka Presiden Jokowi selanjutnya akan melakukan komunikasi dengan parpol.

"Nah ini tahap pertama saja belum. Enggak bisa terbalik. Kalau satu dua tiga selesai maka waktunya tidak akan lama lagi untuk bertemu para ketum. Setelah bertemu ketum, baru para ketum menyampaikan ini lho orang-orangnya yang diajukan,” katanya.

Menurut Lukman, karena saat ini sudah tidak ada agenda politik lainnya yang memerlukan kerja keras Presiden Jokowi, maka kemungkinan seluruh tahapan tersebut akan dilakukan sebelum Agustus.

"Mudah-mudahan lebih cepat dari Agustus. Kan sudah tidak ada lagi agenda politik yang lain yang perlu kerja keras Presiden Jokowi. Ini sudah selesai, tinggal beliau menyusun langkah berikutnya," jelasnya.(sindo/ulul).

Subscribe to receive free email updates: