Kemenag Gelar KUA Teladan Tingkat Nasional Tahun 2019

foto humas bimas islam
BRNews.id - Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam menggelar pemilihan KUA  Kecamatan Teladan Tingkat Nasional Tahun 2019 . Perhelatan yang diikuti 34 KUA teladan dari seluruh provinsi ini berlangsung selama empat hari, mulai 21 sampai 25 Juli, di  Jakarta.

“Penghargaan terhadap KUA tentu bukan tujuan kita. Karena tujuan utama adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kami mengajak seluruh jajaran KUA untuk memegang komitmen ini. Layanan KUA sudah baik, harus dijaga,” ujar Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Muhammadiyah Amin, saat membuka gelaran  tahunan ini, Senin (21/7/2019).



Amin menyampaikan pentingnya langkah nyata KUA untuk bertransformasi menuju lebih baik. Menurutnya, KUA bukan sekedar melangsungkan layanan, namun juga memastikan bahwa layanan tersebut benar-benar dirasakan masyarakat.
Dirjen memastikan, pihaknya terus berupaya menuntaskan beberapa pekerjaan rumah yang mungkin belum terpenuhi dalam lima tahun ini. Meski demikian dirinya yakin bahwa kebijakan Ditjen Bimas Islam telah membawa dampak besar bagi peningkatan KUA menjadi lebih baik.
"Dalam kurun waktu lima tahun, telah lahir berbagai kebijakan yang mendukung langkah besar KUA untuk bertransformasi menjadi salah satu unit layanan publik yang bersih dan profesional," ungkap Amin dalam keterangan tertulisnya.
Selain itu, Amin juga mengaku telah melakukan pembangunan fisik, pemerataan SDM, alokasi anggaran operasional dan peningkatan kompetensi aparatur KUA. "Ini adalah sederet kebijakan yang telah mendorong KUA kini lebih baik daan melayani, dan harus terus dipertahankan," tandas Amin.
Menyinggung perihal perlombaan KUA Teladan Tingkat Nasional tahun ini, Amin mengingatkan pentingnya langkah-langkah besar pasca even ini. Menurutnya, para teladan ini harus memberikan pengaruhnya terhadap KUA yang lainnya, menjadi agen perubahan KUA di wilayahnya masing-masing.
Dalam laporannya, Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah, Mohsen, menegaskan bahwa perhelatan KUA Kecamatan Teladan Tahun ini mengambil tema besar “KUA Bersih dan Melayani.” Tema ini, lanjutnya, menjadi poin penting dalam penilaian. Karena itulah, perhelatan KUA Kecamatan teladan tahun ini diharapkan akan melahirkan para teladan yang benar-benar memberi inspirasi bagi lahirnya inovasi layanan publik pada KUA.
Selain agenda pemilihan KUA Kecamatan Teladan, kegiatan ini juga dirangkai dengan study tour menuju Kota Bandung, di antaranya studi banding ke Bandung Command Center, mengunjungi Percetakan al-Qur’an Braille dan Saung Angklung Udjo. Rencananya malam penganugerahan akan dihelat pada tanggal 24 Juli 2019. (alfa/ulul).

Subscribe to receive free email updates: