Hari ke-10 di Tanah Suci, KH. Amiruddin Nahrawi ber Miqot di Bir Ali

KH Amiruddin Nahrawi
BRNews.id -Setelah menghabiskan waktu 10 hari di kota Madinah, rombongan KH. Amiruddin Nahrawi menuju kota Makkah dan ber Miqot di Bir Ali, Ahad (28/7/2019).

Menurut keterangan KH. Amiruddin Nahrawi selaku staf khusus Gubernur Sumsel bidang hubungan antar agama menyampaikan, lokasi ini dijadikan Rasulullah SAW tempat melaksanakan miqat dan berihram untuk umrah. Yang kemudian saat ini para jamaah seluruh penjuru dunia meneladani jejak Rasullnya untuk miqat dan berihram di Bir Ali. 



Miqat artinya batas bagi dimulainya ibadah haji. Bir ali menjadi tempat miqat bagi para jemaah yang memulai perjalanannya dari Madinah. dahulu disebut dengan nama Dzul hulaifah.

KH. Amiruddin menambahkan sejarah nama Bir Ali diberikan saat Ali bin Abi thalib menggali sumur dengan jumlah yang sangat banyak di masjid ini. oleh karenanya tempat ini diberi nama Bir Ali, bir yang artinya adalah sumur dengan bentuk jamak, sedangkan Ali adalah tokoh yang telah menggali sumur tersebut paling banyak. namun saat ini sumur-sumur itu tertutup oleh bangunan-bangunan disekitar masjid dan masjid itu sendiri.

"Usai melaksanakan shalat sunah, saya beserta rombongan berkumpul dan mulai berniat untuk umrah wajib, dilanjutkan membaca tabliyah bersama-sama dan selanjutnya kami melanjutkan perjalanan ke Makkah dan melaksanakan umrah di Masjidil haram," terang KH. Amiruddin Nahrawi. (adv). 
Klik videonya.......

Subscribe to receive free email updates: