Halal Bihalal IKA PMII Asal Sumsel se Jabodetabek di Kediaman KH Amiruddin

BRNews.id -Dalam rangka Halal Bihalal bersama Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) asal suamtera selatan, KH. Amiruddin Nahrawi juga menggelar acara syukuran dalam mempersiapkan keberangkatan Ibadah Haji.

Acara tersebut dihadiri oleh para kader IKA PMII asal sumsel dan turut hadir juga sebagai penceramah KH. Maman Imanul Haq, yang dilaksanakan di kediaman KH. Amiruddin Nahrawi, sabtu (13/07/19).



Acara diawali dengan Istighosah kebangsaan dalam rangka mendoakan keselamatan Bangsa Indonesia serta mendoakan para pemimpin semoga dalam menjalankan amanahnya dijauhkan dari korupsi, dalam istighosah tersebut di pimpin oleh Bapak KH. Maman Imanul Haq.


Maman Imanul Haq sampaikan tausiyah. Foto foto dok
KH. Amiruddin Nahrawi selaku tuan rumah dalam sambutannya menyampaikan minal aidin walfaidzin mohon maaf lahir dan batin, meskipun saat ini bukan lagi bulan syawal namun semangat bermaafan jangan sampai hilang dari diri kita. Dalam momen yang berbahagia ini kita juga mengadakan acara istighosah kebangsaan didalamnya, karena kita sama-sama berharap para pemimpin di Indonesia ini dapat amanah menjalankan kepemimpinannya dan membawa rakyat Indonesia hidup sejahtera.

KH. Amiruddin Nahrawi menambahkan dalam momen yang berbahagia dirinya secara pribadi dan mewakili keluarga besar memohon doa kepada para hadirin karena pada tanggal 19 Juli nanti akan melaksanakan ibadah Haji. "Tentunya kami berharap doanya dari para hadirin semoga dalam menjalankan ibadah Haji nanti kami diberi kesehatan dan keselamatan," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama KH. Maman Imanul Haq dalam ceramahnya menyampaikan Halal Bi Halal merupakan sebuah tradisi kreatif khas masyarakat Muslim Tanah Air Indonesia, Satu kebiasaan yang hanya ada di negeri kita. Halal bi Halal muncul sebagai ungkapan saling menghalalkan kesalahan dan kekhilafan. Saling memaafkan satu sama lain. Setiap orang sadar tidak ada yang lepas dari kesalahan. Manusia tempatnya salah dan lupa. Idul Fitri dengan kegiatan Halal bi Halal-nya, membuat umat Islam melebur kesalahannya dengan berbagi maaf tanpa sekat yang membatasi.

Menurut Maman, ada tiga pelajaran yang bisa dipetik dari kegiatan Halal Bi Halal. Pelajaran pertama, menurutnya,  adalah pembersihan diri dari segala bentuk kesalahan. Pelajaran kedua dari Halal bi Halal adalah membersihkan hati dari rasa benci kepada sesama. Pelajaran ketiga adalah memupuk kepedulian dan kebersamaan sesama umat manusia. Tiga pelajaran dari Halal bi Halal tersebut harus kita tanamkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara agar menciptakan suasana yang harmonis ditatanan masyarakat.

KH. Maman menambahkan jarak antara hari raya Idul Fitri dan Idul adha berdekatan, oleh karena itu dimomen yang berbahagia ini kita sama-sama mendoakan Bapak KH. Amiruddin Nahrawi yang sebentar lagi akan melaksanakan ibadah Haji, semoga sehat, selamat dan menjadi Haji yang Mabrur. (adv). 

Subscribe to receive free email updates: