Embarkasi Batam Akan Layani Pemberangkatan Haji dari 4 Provinsi

foto kemenag kepri
BRNews.id - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH,.MA memberikan bimbinan manasik haji kepada jamaah haji Kota Batam, Senin (17/6/2019) di Aula PIH Batam.




Dalam arahannya Kakanwil mengatakan pada tahun ini Embarkasi Batam kembali akan melakukan pelayanan jamaah haji dari empat provinsi antara lain Riau 5.359 jamaah, Kepulauan Riau 1.505 Jamaah, Jambi 3.273 jamaah, dan Kalimantan Barat 2.763  jamaah dengan jumlah total jamaah sebanyak 12.900 jamaah termasuk kuota tambahan.

“Komposisi sementara Kloter Embarkasi Batam Tahun ini antara lain Kepulauan Riau tergabung dalam kloter 1,17,28, dan 29. Riau pada Kloter 2 s.d 10, 18,19 dan 29, Kalimantan Barat 11 s.d 16, dan 27 dan Jambi 20 s.d 26 dan 27. Jumlah kloter 29 kloter, total jamaah ditambah petugas 12.900 + 145 petugas, maskapai Saudi Arabian Airlines dengan jenis pesawat Boeing 747-400 dengan kapasitas 450 seat,” kata Kakanwil.

Lebih lanjut Kakanwil menjelaskan di Asrama Haji Batam akan diberlakukan one stop service, dimana seluruh perbekalan jamaah haji seperti pemeriksaan kesehatan, pendaftaran obat, living cost, gelang identitas dan paspor diserahkan langsung kepada jamaah di aula kedatangan.

“Di aula juga akan kami lengkapi dengan penayangan video bimbingan manasik haji, informasi perhajian, kondisi Masjidil Haram, Letak pemondokan, jadwal keberangkatan dan lain-lain,” ujar Kakanwil.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, kata Kakanwil turut memberikan kontribusi kepada pelayanan penyelenggaraan ibadah haji Provinsi Kepulauan Riau dalam bentuk bantuan pelayanan biaya pelayanan domestik yakni transportasi lokal bus dari/ke Bandara Hang Nadim Batam, manasik tambahan, seragam jamaah, biaya TPHD, operasional karu karom, kesehatan, dan makanan ringan.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana, Ridwan Syam dalam rilisnya menyebutkan sebanyak 679 calon jamaah haji asal Kota Batam sudah disuntik meningitis. Dilaksanakannya kegiatan tersebut menurutnya agar calon jamaah haji asal Batam dapat mandiri. (kemenag/mnm).

Subscribe to receive free email updates: