3.113 Santri TKQ Se Kota Bandung Ikut Wisuda Akbar

kemenag
BRNews.id - Forum Komunikasi Pendidikan Al-Qur’an (FKPQ) Kota Bandung  menggelar Wisuda Akbar Santri TKQ yang ke VI Tahun 2019 di Gedung Olah Raga Tri Lomba Juang Jalan Padjadjaran Bandung, Rabu (19/6/2019). 

Acara wisuda tersebut diikuti oleh sebanyak 3.113 Santri se-Kota Bandung dan membuat suasana tribun Gedung Olah Raga Tri Lomba Juang terlihat padat dan ramai.


Hadir dalam acara pembukaan wisuda akbar tersebut Kabid PD Pontren Kanwil Kemenag Prov. Jawa Barat, H. Abubakar Sidik, S.Ag., M.Ag., Kepala Kemenag Kota Bandung, Dr. H. Yusuf, M.Pd., Kabag Kesra Pemkot Kota Bandung, Drs. H. Tatang Muchtar, M.Si., Kasi PD Pontren Kota Bandung, H. Iman Aminudin, SH., M.Kn., Ketua FKPQ Kota Bandung, Hj. Rida Rosidah, S.Ag., Perwakilan FKDT, FPP dan KKMT Kota Bandung.

Acara prosesi Wisuda Akbar Santri TKQ diawali dengan penyambutan dan pengalungan bunga kepada Kabid PD Pontren Kanwil Kemenag Prov. Jawa Barat, Kepala Kemenag Kota Bandung, dan beberapa tamu undangan lainnya. Dengan iringan kesenian adat sunda (lengser) dan Tarian Merak yang ditampilkan oleh para santri TKQ Kota Bandung.

Kepala FKPQ Kota Bandung, Hj. Rida Rosidah, S.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Wisuda Akbar yang diselenggarakan oleh FKPQ Kota Bandung adalah yang keenam kalinya sejak dimulai pada tahun 2013 lalu. Rida Rosidah mengatakan bahwa sampai saat ini kegiatan Wisuda Akbar ini hanya di Kota Bandung di Jawa Barat bahkan mungkin di Indonesia. Rida Rosidah berharap Wisuda Akbar ini menjadi model bagi FKPQ kota dan kabupaten lainnya dalam pelaksanaan kelulusan para santrinya.

Melalui kegiatan Wisuda Akbar ini, lanjut Rida Rosidah adalah bagian dari meningkatkan eksistensi pelaksanaan pendidikan Al Qur’an oleh FKPQ, masyarakat akan semakin percaya kepada TKQ/TPQ untuk menitipkan putra dan putrinya belajar Al Qur’an. Dengan demikian pemerintah Kota Bandung pun akan melihat program dan kegiatan yang dilakukan serta memberikan peluang untuk melakukan kerjasama program.

Selain bantuan hibah berupa bantuan operasional untuk guru TKQ/TPQ yang telah berjalan, pada tahun 2018 dan 2019 pemerintah Kota Bandung telah memberikan kepercayaan kepada FKPQ Kota Bandung untuk menyelenggarakan kegiatan Training for Trainner (ToT) para calon pengajar hufadz Al Qur’an se-Kota Bandung dalam program Ahlan Al Qur’an yang digagas dan diluncurkan langsung oleh Walikota Bandung. Kegiatan tersebut sampai tahun 2019 ini telah meluluskan 1000 orang guru dari FKPQ, FKDT dan GMM.

Kemudian Rida Rosidah juga menyampaikan bahwa setiap tahunnya jumlah santri yang mengikuti pendidikan TKQ/TPQ di Kota Bandung senantiasa meningkat. Hal itu dikarenakan kepercayaan masyarakat Kota Bandung terhadap lembaga pendidikan TKQ/TPQ semakin meningkat. Respon yang baik dari tersebut tentunya juga harus direpon oleh setiap lembaga penyelenggara lembaga pendidikan TKQ/TPQ untuk senantiasa meningkatkan mutu dan kualitas penyelenggaraan lembaga pendidikan TKQ/TPQ. (kemenag/azka). 

Subscribe to receive free email updates: