1.641 Calhaj Kabupaten Sukabumi IKuti Manasik Haji Massal Tahap I

foto kemenag sukabumi
BRNews.id - Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi pada Rabu (19/06) melaksanakan Bimbingan Manasik (Bimsik) Massal tahap I. Kegiatan ini dilaksanakan di Kompleks Pusbangdai Kecamatan Cikembar dengan dihadiri oleh Kepala Kantor, Pejabat Eselon IV, Kepala KUA dan sejumlah Penyuluh Fungsional yang merupakan unsur dari Kemenag Kab. Sukabumi.

Sedangkan dari unsur Muspika dan Muspida yang merupakan lembaga mitra Kementerian Agama Kab. Sukabumi, nampak hadir ditengah-tengah calon jamaah haji Perwakilan Pemerintah Kab. Sukabumi (ASDA 1), Kapolres Sukabumi, Dandim Sukabumi, Ketua IPHI Sukabumi, Ketua MUI, dan sejumlah tokoh agama serta tokoh masyarakat.



Sebelum dibuka  oleh Bupati Sukabumi yang diwakili oleh ASDA 1, Kepala Kantor Kemenag Kab. Sukabumi, H. Abas Resmana menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh unsur yang terlibat dan membantu secara penuh pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji Massal I baik Eselon IV, KUA Kecamatan, para Penyuluh Agama, instansi terkait, serta para narasumber.

“Ucapan terima kasih juga sampaikan kepada para calon jamaah haji Kab. Sukabumi, Kurang lebih sebanyak 1.641 orang calon jamaah akan kami layani, kami bimbing, kami bina dengan llmu pengetahuan tentang manasik haji serta akan kami lindungi, baik saat di tanah air maupun ketika menunaikan ibadah haji di Arab Saudi sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah,” papar Abas Resmana.

“Salah satu fungsi perlindungan misalnya dengan diterbitkannya paspor dan visa (izin tinggal), juga termasuk asuransi bagi jamaah haji yang wafat. Inilah bukti bahwa Negara Indonesia adalah Negara yang paling serius menangani masalah ibadah haji,” imbuhnya.

Kepada calon jamaah haji, Kepala Kemenag Kab. Sukabumi berharap agar para jamaah meningkatkan dan mempertebal kesabaran dan toleransi, menjaga kesehatan serta membangun kebersamaan dengan para jamaah haji lainnya.

Pada akhir sambutannya, Abas Resmana meminta kepada seluruh calon jamaah haji agar fokus dan disiplin mengikuti bimbingan manasik tingkat kecamatan agar para jamaah dapat menyempurnakan pemahaman dan pengetahuannya tentang ilmu manasik haji.

“Akhirnya, atas nama pimpinan Kementerian Agama Kab. Sukabumi, kita do’akan agar para calon jamaah haji menjadi haji yang mabrur dan mabruroh,” tutup Kepala Kantor. (kemenag/azka).

Subscribe to receive free email updates: