Bima Arya Inisiasi Pertemuan Tokoh Muda, Gaungkan Indonesia Damai

humas pemkot bogor
BRNews.id - Wali Kota Bogor Bima Arya menginisiasi pertemuan tokoh muda nasional dalam kegiatan bertajuk Silaturahmi Bogor untuk Indonesia yang digelar di Museum Kepresidenan Balai Kirti, Rabu (15/5/2019).




Selain Bima Arya, ada 9 tokoh yang hadir dalam kegiatan tersebut, delapan diantaranya merupakan kepala daerah. Mereka adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, Gubernur NTB Zulkiflimansyah, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Bupati Banyuwangi Azwar Anas. Dua tokoh lainnya merupakan anak dari mantan Presiden RI, yakni Direktur Wahid Foundation Yenny Wahid, dan Direktur Executive The Yudhoyono Institute Agus Harimurti Yudhoyono.

Siaran pers Humas Pemkot Bogor menyebutkan, silaturahmi yang diisi dengan diskusi kebangsaan tersebut, kata Bima, sangat penting untuk dilakukan melihat kondisi bangsa saat ini. “Bahwa kekuatan-kekuatan dari segenap komponen bangsa perlu bersatu membangun kebersamaan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Pak Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta) juga kami undang, namun beliau berhalangan hadir,” ungkapnya.



Ia menambahkan, hadirnya para kepala daerah ini merupakan peran pemerintah sebagai fasilitator, diluar fungsinya sebagai regulator dan dinamisator. “Sebagai fasilitator, kepala daerah berkewajiban berperan dalam menciptakan kondisi yang kondusif untuk menjembatani berbagai kepentingan masyarakat,” kata dia.

Lewat forum sederhana yang diselenggarakan di Kota Bogor ini, Bima menegaskan tentang bagaimana kita perlu mengedukasi rakyat Indonesia agar semuanya siap untuk demokrasi secara sehat. Banyak gagasan ke depan yang mereka sepakati untuk saling silaturahmi dan memperluas jaringan untuk menebar semangat. Silaturahmi tidak dibatasi dalam konteks politik, tetapi dalam banyak hal.

Setelah melakukan pertemuan tertutup dan diakhiri dengan buka puasa bersama. Para pemimpin mengatakan bahwa pertemuan seperti ini akan terus dilakukan. "Pada intinya, Insya Allah tidak berhenti di sini, ada semangat untuk terus berlanjut ke daerah menebarkan semangat optimisme persahabatan kami," pungkasnya. (arvan/azka).

Subscribe to receive free email updates: