Awas, Di Pasar Ada yang Jual Makanan dan Minuman Kedaluwarsa

foto jpnn
BRNews.id - Petugas gabungan dari Dinas Perekonomian, Perindustrian dan Perdagangan, bersama Dinas Kesehatan dan Polres Tuban, Jawa Timur, menggelar sidak di pasar tradisional.



Satu per satu toko-toko yang menjual makanan dan minuman kemasan diperiksa oleh petugas untuk memastikan barang yang dijual aman serta tidak kedaluwarsa.

Dikutip dari jpnn.com, dalam sidak ini, petugas menemukan makanan dan minuman, serta bumbu racik dalam kemasan sudah kedaluwarsa tetapi masih dipajang oleh pemilik toko. 

Untuk itu, petugas langsung mendata baik pemilik toko, maupun barang yang ditemukan sudah kedaluwarsa tersebut. 

"Barang tersebut kemudian disita dan pemilik toko dilakukan pembinaan," ujar Agus Wijaya, Kepala Diskoperindag Tuban. 

Barang yang ditemukan kedaluwarsa di antaranya, kopi, minuman kemasan sacet, susu bubuk, sambal kemasan, tepung krispi, serta bumbu racik siap saji.  

Tak hanya itu, di sebuah toko petugas juga menemukan obat kimia berbaya seperti boraks.
"Selain menyita barang berbahaya tersebut dan mendatanya, petugas dari dinas kesehatan juga memberikan imbauan akan bahaya boraks bila sampai masuk ke tubuh manusia," imbuhnya. 

Selain makanan dan minuman kemasan, petugas gabungan ini juga menyidak harga daging sapi maupun ayam di Pasar Tradisonal Tuban ini. Sidak ini bertujuan sebagai perlindungan kepada konsumen. (jpnn/ulul).


Subscribe to receive free email updates: