Peringati Hari Kartini, MTsN 1 Asahan Gelar Lomba

Siswi MTsN 1 Asahan
BRNews.id - Dalam rangka memperingati hari Kartini  21 April 2019, MTsN 1 Asahan mengadakan empat kegiatan yaitu, lomba busana ala Kartini, lomba membuat prakarya dari barang bekas, lomba cipta puisi bertemakan hari Kartini dan aksi mengumpulkan sampah di jalan raya disekitar madrasah. 




Empat kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu 20 April 2019. Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) berperan pada kegiatan ini bekerjasama dengan koordinator tiap lomba. Untuk lomba busana koordinatornya Zulfa Sujja S.Pd, lomba prakarya koordinatornya A.Kadir Sinaga S.Ag, lomba cipta puisi koordinatornya Yunita Sari S.Pd dan aksi mengumpulkan sampah dikoordinir Jaka Sandi Nova S.Pd dan Nurmansyah S.Pd . 

Zulfa Sujja koordinator lomba busana ala Kartini mengatakan untuk peserta lomba berasal dari utusan tiap kelas, minimal satu orang perkelas dan maksimal tiga orang.

Point penilaian adalah busana yang dikenakan merupakan kebaya ala kartini. Raden Ajeng Kartini ciri khasnya dalam berpakaian mengenakan kebaya dan bawahan dari batik. Tim penilai ada tiga orang yaitu Siti Mariam SPd , Riza Rimaniar SPd dan Nurlia Prima Utami SPd.

"Kebaya ini merupakan pakaian wanita Indonesia zaman dahulu," jelas Zulfa. 

Kita ingin menumbuhkan nasionalisme yang tinggi dan menghargai budaya bumi pertiwi kepada peserta didik yang wanita. Sekarang ini banyak juga wanita Indonesia yang mengenakan kebaya pada acara-acara tertentu namun kebayanya sudah dimodifikasi sesuai mode .

"Diharapkan dengan lomba busana ala Kartini ini peserta didik yang wanita mengetahui busana wanita Indonesia dan dapat melestarikan budaya Indonesia," ungkap Zulfa. (kemenagsu/alfa).

Subscribe to receive free email updates: