454 Calon Haji dari Banyumas Lunasi BPIH

BRNews.id - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah menginformasikan bahwa hingga saat ini sekitar 454 calon haji Banyumas sudah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).



"Menurut data terbaru sudah 454 calon haji yang melunasi BPIH dan melaporkan pelunasan tersebut pada petugas Kemenag Banyumas," kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas Imam Hidayat melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Purwanto Hendro Puspito, di Purwokerto, Senin (25/3/2019).

Dia menjelaskan proses pelunasan BPIH tahap pertama hingga hari ini berjalan dengan lancar.

"Alhamdulillah prosesnya berjalan lancar kami belum menerima laporan ada kendala pada hari ini," katanya dilansir kantor berita Antara.

Pihaknya menargetkan 1.100 calon haji asal wilayah itu melakukan pelunasan BPIH tahap pertama.

Selain itu, pihaknya juga terus mengingatkan calon haji yang telah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji untuk segera melaporkan tanda bukti pelunasan ke kantor Kementerian Agama setempat.

"Laporkan dan serahkan lembar pelunasan ke 2, 3, dan 4 ke Kantor Kemenag Banyumas maksimal tiga hari kerja setelah pelunasan," katanya.

Pelunasan BPIH tahap pertama bisa dilakukan setiap hari kerja, mulai 19 Maret hingga 15 April 2019.

Pelunasan tahap kedua, kata dia, bisa dilakukan setiap hari kerja mulai 30 April hingga 10 Mei 2019.



Ia menjelaskan pelunasan tahap pertama untuk calon haji yang telah melunasi namun menunda keberangkatan tahun sebelumnya. Namun hal itu tetap harus konfirmasi ulang ke bank penerima setoran BPIH dengan menunjukkan bukti setoran pelunasan tahun sebelumnya.

Selain itu, kata dia, diperuntukkan bagi calon haji yang memiliki porsi dan masuk dalam alokasi kuota 2019 dengan ketentuan belum pernah menunaikan ibadah haji, dan telah berusia 18 tahun terhitung mulai 7 Juli 2019 atau sudah menikah.

Dia juga menambahkan besaran BPIH Kabupaten Banyumas sesuai besaran per embarkasi Rp36.429.275.

Kantor Kemenag Banyumas menginformasikan bahwa jumlah calon haji 2019 dari wilayah setempat 1.177 orang.

Dia menjelaskan 1.147 calon haji noncadangan berada di porsi aman Provinsi Jawa Tengah, yang berarti nomor antrean calon haji yang tercantum di Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) sudah mendapat nomor porsi. (ant/azka).

Subscribe to receive free email updates: