UKS MAN 1 Mojokerto Gelar Pelatihan Kesehatan Remaja

MAN 1 MOJOKERTO
BRNews.id - Bertempat di Aula Madrasah, Unit Kesehatan Sekolah (UKS)  MAN 1 Mojokerto mengadakan Pelatihan Kader Kesehatan Remaja, Sabtu (16/2/2019). Kegiatan ini diikuti 55 siswa dari kelas X dan kelas XI.  



Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas kader UKS khususnya Tim Pelaksana UKS serta meningkatkan partisipasi siswa dalam pelaksanaan tri program UKS di Madrasah dan menjadi penggerak hidup sehat di Madrasah.  

MAN 1 Mojokerto merilis, tugas dari kader kesehatan remaja ini yakni menyampaikan informasi yang telah didapatkan dari pelatihan ke Madrasahnya sehingga menjadi perpanjangan tangan dari petugas kesehatan.  

Dari pelatihan ini diharapkan  dapat meningkatkan derajat kesehatan secara optimal di tingkat Madrasah  melalui anak didiknya.
 
Peran KKR dalam memelihara, membina, meningkatkan dan melestarikan kesehatan lingkungan Madrasah sangat menentukan. Untuk itu pihak Madrasah dalam menunjuk dan menetapkan siswa yang akan jadi KKR haruslah siswa yang berprestasi di Madrasah, memiliki watak pemimpin, berperilaku sehat (PHBS), bertanggung jawab dan telah mendapat pelatihan dari petugas kesehatan dari Puskesmas. 



Karena nantinya KKR tersebut akan bertindak, berbuat dan berperilaku sehat baik di Madrasah, di rumah maupun di lingkungan masyarakat.

Materi dalam pelatihan ini antara lain: berkaitan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), PPPK, Kesehatan Lingkungan, Pergaulan Remaja, Kesehatan gigi, Anemia dan Gizi, Infeksi Menular Sexual (IMS) serta Napza.  Materi ini lansung disampaikan oleh  Indarsih selaku kepala UPTD Puskesmas Mojosari dan  dibantu oleh tim dari Puskesmas. 

Kepala MAN 1 Mojokerto, Budi Prayitno mengharapkan, para peserta yang mengikuti diklat KKR dapat menerapkan dan mempraktekkan dengan baik apa yang diajarkan pada kegiatan tersebut, baik untuk diri sendiri, lingkungan keluarga, madrasah dan masyarakat. 

"Semoga pelatihan kader kesehatan remaja ini dapat membangun kreativitas siswa dan siswi di madrasah ini," harapnya. (kemenag/azka). 

Subscribe to receive free email updates: