Menag Masih Dalami Kelayakan Embarkasi Haji Antara di Sultra

BRNews.id - Menteri Agama, Lukman Hakim Saifudin, mengaku akan mendalami kelayakan pembangunan embarkasi haji antara di Sulawesi Tenggara (Sultra), untuk merespon keinginan pemerintah dan masyarakat daerah penghasil tambang nikel tersebut.



       
"Sepulangnya dari Kendari ini saya akan mengadakan rapat dengan jajaran Direktorat Penyelenggaraan haji dan umroh untuk menjajaki sebesar kemungkinan di Kendari ini akan ada embarkasi antara," kata Lukman Hakim, usai membuka Rakerwil Kanwil Kemenag Sultra di Kendari, Senin (18/2/2019).
       
Ia mengatakan, untuk menjadi embarkasi haji antara, maka banyak hal yang harus dikaji bersama, terutama dampak positifnya terhadap daerah bersangkutan.
       
"Saya sangat apresiasi keinginan masyarakat Sultra akan kehadiran Embarkasi haji Antara ini, apalagi saya mendapat bisikan dari Gubernur Sultra yang siap 
membantu anggaran dari APBD sebagai dana shering," katanya.
     
Sementara itu, Gubernur Sultra, Ali Mazi, mengaku tidak masalah soal dukungan anggaran dari provinsi asalkan Kementerian Agama mau merestui pembangunan embarkasi haji Antara di Sultra.


     
"Karena tentunya ini akan menambah pendapatan daerah. dan membantu meringankan beban para calon jamaah dan keluarganya, karena tidak perlu lagi ke Makasar atau masuk asrama haji sudiang Makassar," katanya.
       
Dikatakan, untuk tempat pembangunan Gedung Asrama Embarkasi Haji antara sudah ada yang disiapkan oleh Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota Kendari.
       
"Yah, tergantung mau pilih dimana. Intinya tempat sudah ada. Kita tinggal menunggu respon atau progres dari Kementerian Agama," katanya. (antara).

Subscribe to receive free email updates: