Kota Depok Butuh 1000 Madrasah Diniyah Takmiliyah

BRNews.id - Saat ini Kota Depok membutuhkan 1000 Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT). Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS), H. Ahmad Sadeli pada saat membuka kegiatan Rakor kepala-kepala MDT se-Kota Depok, Jumat lalu (22/2/19).



Menurut Ahmad Sadeli, saat ini MDT sudah menggeliat. Hal ini bisa dilihat bahwa dalam 2 tahun sudah ada 20 MDT berdiri di Kota Depok, sehingga totalnya sudah sebanyak 40 MDT. Namun demikian jumlah ini tentunya masih jauh dari total kebutuhan MDT di Kota Depok mengingat jumlah penduduk Kota Depok saat ini sudah mencapai hampir 2 juta dan lebih dari 200.000 anak lulus tingkat Sekolah Dasar dari total 35.000 siswa SD/MI, dimana 10.000 dari anak belum bisa membaca/menulis huruf Al Quran, masih kurang kemampuan dan dasar beragama islamnya, karena itu sangat diperlukan adanya Diniyah Takmiliyah.

Untuk itu Ahmad Sadeli menekankan pentingnya memperkuat organisasi mitra Diniyah seperti Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) dan Musyawarah Kerja Kepala Diniyah Takmiliyah (MK2DT) untuk terus melakukan upaya pembangunan dan pengembangan MDT di 11 wilayah kecamatan yang ada di Kota Depok.

Agenda Rakor Kepala MDT meliputi 1. Persiapan penggantian dan pembentukan pengurus baru periode 2019-2024; 2. Persiapan ujian MDT tingkat Kota Depok; 3. Usulan Perda Diniyah ke Pemda atau DPRD. (kemenag jabar/azka). 

Subscribe to receive free email updates: