Presiden Jokowi Serahkan Sertifikat Tanah Wakaf di Masjid Besar Cibatu

BRNews.id Presiden Joko Widodo menyerahkan sertifikat untuk tanah wakaf yang digunakan bagi rumah ibadah dan lembaga pendidikan seusai salat jumat di Masjid Besar Cibatu, Jumat (18/1/2019). Penyerahan sertifikat secara simbolis  untuk tanah dan bangunan wakaf itu dilakukan di dalam Masjid Besar Cibatu.

Jokowi menyebutkan, ada 257 sertifikat wakaf yang pada kesempatan itu akan diserahkan. Sertifikat wakaf itu diperuntukkan bagi sekolah pondok pesantren, masjid dan lembaga pendidikan wakaf di wilayah Garut, Banjar, Ciamis dan Tasikmalaya.

Ia menyebutkan, sertifikat wakaf itu penting untuk menghindari kemungkinan konflik kepemilikan lahan. Jokowi menyebutkan contoh yang ditemuinya di Jakarta. Saat itu terjadi sengketa lahan mesjid dari wakaf yang diinginkan oleh pemilik lahan.

Pada saat diserahkan, tanah wakaf untuk mesjid itu harganya masih murah dan tidak ada masalah. “Tetapi, begitu tanah yang ada harganya sudah Rp 120 juta per meter, nah mulai masalah ada. Ahli waris menuntut, masjid tidak memiliki dokumen hak hukum atas tanah yang namanya sertifikat,” katanya.

Ia menyebutkan, persoalan serupa terjadi di daerah lainnya di Indonesia. “Di semua provinsi sama, sengketa-sengketa itu ada. Bahkan, ada masjid di sebuah provinsi, masjid yang paling besar, juga sama. Dituntut oleh ahli warisnya padahal masjidnya besar sekali sudah berdiri,” tuturnya.

Ia menyebutkan telah memerintahkan Menteri Agraria agar cepat menyelesaikan semua tanah-tanah wakaf, agar bisa ada sertifikat hak hukum atas tanah yang dimiliki. “Hari ini tadi diserahkan untuk Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Banjar, Kabupaten Ciamis, dan berikutnya nanti juga akan ke provinsi-provinsi yang lain,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden dan Ibu Iriana juga akan melihat langsung pelaksanaan penyambungan listrik PLN ke sejumlah rumah warga yang ada di Dusun I Kampung Pasar Kolot, Kabupaten Garut. Petang hari nanti, Presiden dan Ibu Iriana akan berkunjung dan bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Garut yang ada di Desa Ngamplangsari, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut.

Presiden dan Ibu Iriana juga akan meninjau proyek pembangunan rumah susun yang ada di pondok pesantren tersebut. Presiden dan Ibu Iriana beserta rombongan akan bermalam di Kabupaten Garut untuk melanjutkan kegiatan kunjungan kerja keesokan harinya. (tvhaji/azka/alfa).

Subscribe to receive free email updates: