Ini 5 Visi Bupati Ade Yasin Membangun Bogor

bupati bogor ade yasin sampaikan visi pembangunan bogor di sidang paripurna dprd. (humas pemkab).
BRNews.id - Bupati Bogor, Hj. Ade Yasin dan Wakil Bupati Bogor H. Iwan Setiawan menyampaikan visi dan misinya pada rapat paripurna yang di gelar DPRD Kabupaten Bogor, di Gedung DPRD Kabupaten Bogor, Senin (31/12).



Dalam sambutannya Bupati Bogor, Ade Yasin mengatakan upaya untuk membangun dan membesarkan Kabupaten Bogor sekaligus mengharumkan namanya di Indonesia bahkan ditingkat global.

Hal ini, katanya, perlu didukung oleh seluruh lapisan masyarakat, bahkan masyarakat menjadi bagian integral dari penyelenggaraan Pemerintah Kabupaten Bogor.  Oleh karena itu, dalam kesempatan awal ini, pihaknya memaparkan janji politik Bupati dan Wakil Bupati periode tahun 2018-2023 yang antara lain sebagai berikut :

"Pada kesempatan pertama ini, perkenankanlah kami untuk mengenalkan slogan program panca karsa, yang akan menjadi koridor pembangunan Kabupaten Bogor selama lima tahun ke depan, yaitu karsa bogor cerdas, karsa bogor sehat, karsa bogor maju, karsa bogor membangun, dan karsa bogor berkeadaban," katanya Ade.

Seluruh karsa dimaksud menjadi dasar dalam pelaksanaan program prioritas pembangunan daerah serta penentu dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan strategis yang akan dilaksanakan oleh perangkat daerah, baik mandiri maupun terintegrasi lintas sektoral.


Ade Yasin melanjutkan beberapa hal yang perlu diinformasikan kepada seluruh pemangku kepentingan terkait karsa dimaksud dapat dirinci sebagai berikut:

Pertama, karsa bogor cerdas, diantaranya akan difokuskan pada peningkatan kualitas pendidikan melalui pengembangan kompetensi guru sekolah dan kepala sekolah, pemberian insentif guru madrasah dan paud, pemberian kartu bogor cerdas, pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, pembinaan peserta didik melalui kelas inspirasi dan forkominda goes to school, peningkatan moral peserta didik dengan menambah jam pendidikan agama dan pendidikan keagamaan,  pemberian beasiswa putra daerah, penghargaan sekolah kreatif, pendirian pkbm untuk santri dan sebagainya.

Kedua, karsa bogor sehat, diantaranya akan difokuskan pada penggalakkan program bogor siaga dan call center khusus, peningkatan pelayanan kesehatan dengan menambah rsud di bogor utara, peningkatan layanan puskesmas, jaminan pelayanan kesehatan masyarakat miskin melalui kartu bogor sehat. selain fokus pada layanan kesehatan yang bersifat kuratif, karsa bogor sehat juga fokus pada pola hidup sehat, memberlakukan car free day di kawasan tegar beriman, bogor anti stunting, penanganan daerah rawan pangan (pdrp) dan lain sebagainya.

Ketiga, karsa bogor maju, difokuskan pada penciptaan iklim investasi, pengembangan dan pengelolaan smart city, pembangunan cibinong business districk (cbd), memperkuat city branding, melaksanakan bogor expo sebagai event tahunan, mendorong produksi barang dan jasa yang berdaya saing, membangun layanan satu atap berkebutuhan khusus (masyarakat miskin), penanggulangan masalah pengangguran dan kemiskinan melalui balai latihan kerja bersitifikat, wirausaha pemula dan career center serta gerakan cinta dan beli produk lokal diantaranya beras carita makmur, penyediaan makan dan minuman khas bogor serta produk umkm di hotel hotel. pengembangan geopark pongkor dan desa wisata serta pemberdayaan petani dengan bantuan permodalan melalui kartu tani.


Keempat, karsa bogor membangun, akan difokuskan pada pemantapan jembatan dan infrastruktur jalan dengan sistem betonisasi, penanganan titik kemacetan, melanjutkan pembangunan poros tengah timur (ptt), pembangunan ruas jalan bojonggede-kemang, pembangunan jalan bantar karet-pabangbon, optimalisasi fungsi irigasi, pengembangan situ front city, pembenahan ibukota kabupaten (city beautification project), penataan area parkir, penanganan dan penataan kawasan kumuh, mendorong pengembangan kebun raya cibinong, pembangunan taman-taman tematik dengan sarana lengkap dan terjangkau masyarakat, pemenuhan sarana dan prasarana air minum, gerakan bogor bebas plastik untuk kelestarian lingkungan hidup serta menggalakkan bogor property week, bogor infrastructure expo dan lain sebagainya.

Kelima, karsa bogor berkeadaban, pada dasarnya adalah program unggulan untuk meningkatkan kualitas kehidupan beragama, pelestarian seni budaya melalui festival seni budaya dan acara keagamaan, culture night, rebo berbahasa sunda,  menciptakan ketahanan moral melalui jum’at mengaji, program bedah pontren, program jumling, peningkatan kerukunan hidup umat beragama dan lain sebagainya.


Selain menggaungkan panca karsa, Bupati Ade juga akan melakukan reformasi birokrasi dan fokus pada peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik di lingkungan pemerintah kabupaten bogor, melalui pemberian insentif untuk RT/RW, pelayanan 3 in 1 adminduk (kk, nik, kartu identitas anak dan akte kelahiran) di sarana pelayanan kesehatan, memasang pusat informasi inovasi pelayanan publik, membangun bogor planning gallery, menyelenggarakan sekolah pemerintah desa, dan sebagainya.

Di samping itu, untuk mensinergikan pembangunan antara kabupaten dengan provinsi jawa barat dan pemerintah pusat, kami akan berkoordinasi lebih dalam agar program unggulan Gubernur Jawa Barat dan pemerintah tertuju kepada pembangunan Kabupaten Bogor. (Andi/Diskominfo Kab.Bogor).

Subscribe to receive free email updates: