2 Hari Berturut-turut Sultan Alta, Siswa MAN 2 Sleman Raih Juara di UGM dan AKPRIND

dok man 2 sleman
BRNews.id - Tidak bisa dibantah lagi bahwa salah seorang jago matematika MAN 2 Sleman membuktikan lagi kehebatannya dalam soal matematika. Adalah Sultan Alta Alvaro Valencia, siswa kelas X MIPA 1, pada hari Ahad (27/1) dan Senin (28/1) memperoleh kejuaraan di tempat yang berbeda.

Dengan begitu,  selama 6 bulan, mulai Agustus 2018– Januari 2019, Alta sudah memperoleh 11 kejuaraan matematika baik di tingkat nasional maupun internasional.


Pada hari Ahad kemarin (27/1), Alta mengikuti babak semi final dan final kejuaraan Olimpiade Statistika Matematika tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Himasta FMIPA UGM Yogyakarta. Setelah sebelumnya mengerjakan soal di babak penyisihan secara online pada hari Ahad  (20/1).

Keterangan tertulis yang diterima BRNews.id menjelaskan, pada olimpiade ini Alta memperoleh juara ke 2, juara 1 diduduki SMA 1 Trenggalek, Jawa Timur; juara ke 3 diperoleh  SMA 1 Andong, Boyolali, Jawa Tengah; Juara ke 4 dari SMA Sumatera Barat, dan juara ke 5 dari SMA 1 Trenggalek, Jawa Timur. Sebagai juara ke 2, hadiah yang diperoleh Alta berupa trophy, serfitikat, dan uang pembinaan.

Pada hari Senin (28/1), Alta memperoleh juara 1 pada Olimpiade Matematika 2019 tingkat DIY-Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh AKPRIND Yogyakarta. Juara 2 diduduki oleh SMA 1 Andong Boyolali, Jawa Tengah, dan juara ke 3 diraih MAN 3 Bantul. Sebagai juara ke 1, Alta berhak membawa pulang trophy bergilir Gubernur DIY, trophy Walikota Yogyakarta, Sertifikat, dan uang pembinaan.

Meskipun sering tidak ikut pelajaran karena sangat sering mengikuti lomba matematika, teman–teman sekelasnya tidak iri namun malah memberi semangat dan doa agar Alta memperoleh kejuaraan.

“Nggak apa-apa tidak masuk karena ikut lomba kok, dan kami senang. Nanti akan ‘makan-makan’ kalau Alta datang,“  komentar Afan ketika ditanya tentang Alta yang sering tidak masuk sekolah.

"Alta memang baik hati,“ komentar Rhanu dan Resa, teman yang lainnya.”Dia juga tidak pelit, mau mengajari kami jika kesulitan dalam mengerjakan soal matematika,“ komentar Ihfansyah  dan teman-teman sekelas yang lainnya.

Para siswa, para guru dan pegawai ikut bergembira mendengar Alta memperoleh kejuaraan. Dering ucapan selamat di group WA guru, pegawai, dan siswa tiada henti memberikan ucapan selamat.

Kepala MAN 2 Sleman, Ali Asmu’i, S.Ag,M.Pd. memberi ‘2 jempol’ pada Sultan Alta Alvaro Valencia yang telah mengharumkan nama madrasah. Semoga Alta sehat selalu karena ajang Aksioma sebagai  ‘ikon kompetisi ‘Kemenag sudah menanti. Alta diharapkan bisa meraih juara Aksioma hingga tingkat nasional. Semoga Alta-Alta yang lain  bertumbuh di MAN 2 Sleman, harapannya.  (azka/alfa).

Subscribe to receive free email updates: