Kasi PendMa : Gunakan BOS Sesuai Peruntukannya


foto kemenag probolinggo
Brnews.id - Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) BOS (Bantuan Operasional Sekolah) Kanwil Kemenag Jatim melakukan turba ke Probolinggo, Rabu (26/12). 


Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Juknis Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pasal 1 Item 3 menyatakan; “Bantuan Operasional Sekolah adalah program Pemerintah Pusat untuk penyediaan pendanaan biaya operasi non personalia bagi satuan pendidikan dasar dan menengah”. 
 
Tim Monev diterima langsung Kasi PendMa Dr. Didik Heriyadi di ruang Aula Al-Ikhlas III. Hadir dalam kesempatan tersebut  para Kepala Satker, Pengurus KKM dan Pengawas Madrasah. 

Monev ini direncanakan meliputi tiga Kementerian; Kemenag Kab dan Kota Probolinggo serta Kabupaten Lumajang. Setelah acara di Aula Al-Ikhlas, Tim Monev akan mengunjungi beberapa madrasah untuk melakukan Monitoring dan Evaluasi Penggunaan dan Pelaporan Dana BOS Tahun 2018.

Monev tidak hanya dilakukan di madrasah negeri tetapi juga madrasah swasta.  Satker madrasah negeri di kabupaten Probolinggo ada 7 satker; MIN 1 Probolinggo (Paiton), MIN 2 Probolinggo (Maron), MTs.N 1 Probolinggo (Paiton), MTs.N 2 Probolinggo (Pajarakan), MTs.N 3 Probolinggo (Tongas), MAN 1 Probolinggo (Paiton) dan MAN 2 Probolinggo (Pajarakan).


Dalam kesempatan tersebut, Ali Wafa salah seorang tim dari Bidang Kesiswaan PendMa Kanwil Kemenag Jatim menyampaikan agar penggunaan Dana BOS dilakukan secara transparan dan tepat guna, sasaran dan waktu, termasuk pelaporannya harus Akuntabel. 

Kepala Madrasah harus menggunakan Dana BOS sesuai dengan aturan yang telah dipahami bersama, sehingga tidak ada kejanggalan yang timbul dalam penggunaannya.

Kepala Kemenag H. Santoso menyampaikan terima kasih atas kunjungan tim Kanwil Kemenag Jatim semoga dengan adanya monev seperti ini akan memberikan dampak yang positif bagi pengelolaan dana BOS di Kemenag Probolinggo. (kemenag probolinggo). 

Subscribe to receive free email updates: