Kabupaten Cianjur Gelar Seleksi Tilawatil Quran

foto kemenag cianjur
BRNews.id - Dalam  rangka membentuk generasi muda yang memahami dengan baik kandungan Al-Quran serta mengamalkan nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari, Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Cianjur menyelenggarakan kegiatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ). 


STQ V Tingkat Kabupaten Cianjur Tahun 2018 ini berlangsung selama dua hari, 27-28 Desember 2018 bertempat di kompleks perkantoran Kementerian Agama Kabupaten Cianjur.

Kegiatan STQ dibuka secara resmi oleh Plt Bupati Cianjur yang diwakili oleh Asisten Daerah I Asep Suparman. Plt Bupati Herman Suherman. Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asda I, menyampaikan bahwa pelaksanaan STQ ini merupakan momentum yang sangat tepat untuk meningkatkan ketaqwaan dan refleksi diri terhadap keimanan, karena dengan membaca Al-Quran sekaligus memahami makna yang terkandung di dalamnya akan memberikan pencerahan batin dan membuka wawasan pemikiran tentang hakekat, makna, dan tujuan kehidupan manusia di dunia ini.

Plt Bupati berharap keikutsertaan para peserta pada STQ ini dapat mendorong tumbuh dan berkembangnya minat baca Al-Quran di kalangan generasi muda. Semangat yang tinggi hendaknya dijadikan langkah untuk meraih sebuah harapan bersama yakni mewujudkan masyarakat Cianjur yang lebih sejahtera dan berakhlakul karimah.


Pembukaan STQ turut dihadiri Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Cianjur Pardi Suhardian, Ketua Baznas, Ketua LPTQ, perwakilan Dandim, perwakilan Kapolres, Kepala KUA serta Camat se-Kabupaten Cianjur.

Ketua Panitia STQ, Adi Karyadi memaparkan bahwa target dari kegiatan STQ ini adalah meningkatnya pemahaman dan penghayatan Al-Quran di masyarakat, meningkatnya kuantitas dan kualitas pembinaan bagi para qori/qoriah dan hafidz/hafidzah, serta terlaksananya syiar Islam di Kabupaten Cianjur. 

Secara khusus Adi mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Cianjur yang telah memberikan banyak dukungan salah satunya menyediakan fasilitas tempat pelaksanaan STQ secara gratis di kompleks perkantoran Kemenag Kabupaten Cianjur.


Kegiatan STQ tahun ini diikuti oleh 279 qori/qoriah dan hafidz/hafidzah dari 32 kecamatan yang ada di Kabupaten Cianjur, dengan tujuh cabang lomba yakni Tilawah Anak, Tilawah Dewasa, Tahfidz dan Tilawah 1 Juz, Tahfidz dan Tilawah 5 Juz, Tahfidz 10 Juz, Tahfidz 20 Juz, serta Tahfidz 30 Juz.

 Penilaian dilakukan secara ketat dan objektif dengan melibatkan 46 orang Dewan Hakim yang sebelumnya dilantik oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Cianjur. (kemenag cianjur). 

Subscribe to receive free email updates: