Dengan Dana SBSN Kemenag Tingkatkan Kualitas Layanan Keagamaan

sekjen kemenag (humas kemenag).
BRNews.id - Keberadaan skema Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) berguna membiayai revitalisasi infrastruktur, dirasakan telah membantu Kementerian Agama dalam meningkatkan kualitas layanan keagamaan.



Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal Kemenag M. Nur Kholis saat mewakili Menag dalam Leaders Dialogue pada Forum Kebijakan Pembiayaan Proyek Infrastruktur Melalui SBSN, di gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta.

"Keberadaan SBSN sebagai skema pembiayaan infrastruktur telah membantu mengakselerasi perbaikan pelayanan di Kemenag. Baik terkait perbaikan layanan fungsi agama maupun fungsi pendidikan agama," ujar Sekjen, Jumat (21/12).

Forum yang digelar oleh Kementerian Keuangan RI ini, diselenggarakan sebagai bagian dari penutupan program pembiayaan proyek infrastruktur melalui SBSN tahun 2018, sekaligus kick off program pembiayaan proyek infrastruktur melalui SBSN tahun 2019.

Forum yang dipandu oleh Aviani Malik ini, dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani serta Menteri Kabinet Kerja penerima SBSN. Mereka adalah Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, serta Menristekdikti M. Nasir.


M Nur Kholis memaparkan bahwa Kemenag telah menerima pembiayaan SBSN sejak tahun 2014. "Sejak tahun 2014, sudah banyak pembagunan maupun revitalisasi infrastruktur di Kemenag dilakukan dengan menggunakan skema pembiayaan SBSN," tutur Nur Kholis.


Ia juga menuturkan berdasarkan data, sejak tahun 2014 - 2018 dana SBSN telah digunakan untuk melakukan revitalisasi 23 UPT Asrama Haji. SBSN juga telah membantu perbaikan dan pembangunan 708 balai nikah dan asrama haji.

Di bidang pendidikan keagamaan, SBSN juga telah membantu membangun 168 unit gedung kuliah pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, serta 23 lokasi madrasah.

"Ke depan, kita berharap makin banyak satker Kemenag dapat merasakan manfaat SBSN," ujar Nur Kholis.

Pada kesempatan yang sama, empat Satker Kemenag memperoleh penghargaan sebagai Pemrakarsa Proyek SBSN Tahun 2018 dengan capaian kinerja terbaik. Empat satker tersebut adalah UPT Asrama Haji Makassar, Kantor Kementerian Agama KUA Kemiling Bandar Lampung, IAIN Bukit Tinggi, dan MAN 1 Kota Malang. (kemenag/mnm).

Subscribe to receive free email updates: