“Aksi 9119” Kemenag Gorut Susun Strategi Sukseskan Khatam Raya

kemenag gorut
BRNews.id - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) didampingi Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam H. Yusrin Thaib, MH dan Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) Dra. Hj. Rifkah Maladjim memimpin rapat bersama Guru PAI, Penyuluh non-PNS dan Kepala KUA se-Kabupaten Gorut.


Kegiatan rapat ini diselenggarakan dalam rangka membahas persiapan pelaksanaan acara Khatam Raya (khotmil Qur'an)  di Gedung Auditorium Kankemenag Gorut, Jumat  pekan lalu (21/12/18). 

Dalam arahannya, Kakankemenag menyampaikan pentingnya diselenggarakan acara khatam raya secara masal agar  masyarakat termotivasi untuk belajar Al-Quran. Menurutnya, jika rangsangan belajar Al-Quran dapat terwujud, maka bisa dikatakan khatam raya merupakan acara yang sukses dan bermanfaat secara sosial. 

“Belajar membaca dan memahami Alquran harus ditanamkan sejak dini agar kita punya bekal dan pegangan dalam hidup yang sesuai ajaran Islam dan bersumber dari A-Quran,” tegas Kakankemenag.

“Panitia harus bekerja ekstra untuk mensukseskan acara tersebut, pasalnya salah satu fungsi Kemenag ditengah masyarakat adalah memfasilitasi semua kebutuhan umat yang bersentuhan langsung dengan urusan sosial keagamaan,” lanjutnya.


Selanjutnya, dalam pembahasan hal teknis, seluruh peserta rapat dan panitia bersepakat mensukseskan agenda besar tersebut demi membumikan Al-Quran ditengah masyarakat. Kegiatan ini direncanakan akan mengikutsertakan kurang lebih 700 peserta, dan nantinya diselenggarakan tanggal 09-01-2019, dengan beberapa alternatif lokasi pelaksanaan. 

Hal ini berdasarkan pengalaman beberapa tahun sebelumnya, bahwa antusias masyarakat menghatamkan anaknya secara masal cukup tinggi.

“Acara ini akan diselenggaran pada tanggal 9 Januari 2019, dan kita namai Aksi 9119, agar mudah dikenang serta penyemangat bagi seluruh yang terlibat,” ujar Kakankemenag.

Diakhir rapat, Kakankemenag mengajak kepada stakeholder Kemenag Gorut agar senantiasa bersama-sama memajukan daerah, dan menggaungkan pendidikan Alquran sejak dini serta menciptakan generasi masa depan yang Qurani dari Gorut untuk Provinsi Gorontalo yang dikenal sebagai Kota Serambi Madinah. (kemenag gorut/mnm). 

Subscribe to receive free email updates: