Pokjaluh Sinjai Wisuda 1.204 Santri TPQ

foto kemenag sulsel
BRNews.id - Sebanyak 1.204 santri TPQ/TPA binaan Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kab. Sinjai berhasil diwisuda setalah melalui proses munaqasyah yang dilaksanakan oleh masing-masing penyuluh yang tersebar di 9 (sembilan) kecamatan. Acara wisuda  bertempat di Lapangan Sinjai Bersatu, Selasa (27 /11/18).


Acara wisuda yang dirangkaikan dengan penandatanganan MOU/Nota Kesepahaman antara Pemerintah Daerah, Kementerian Agama dan Pengadilan Agama Kab. Sinjai tentang Kampanye Stop Perkawinan pada Usia Anak di Sinjai, dihadiri  Asisten I Setdakab Sinjai, H. Muhlis Isma mewakili Bupati, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prop. Sulsel yang diwakili Kasi Penerangan dan Penyuluhan Agama Islam pada Bidang Penaiszawa,H. Misbahuddin,  Forkopimda, Ketua PA, para Perangkat Daerah lingkup Pemda Sinjai, Kakankemenag bersama jajarannya, para camat Se Kab. Sinjai.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Sinjai, H. Abd. Hafid di awal sambutannya  memberikan apresiasi, disertai rasa bangga dan haru melihat sukses dan meriahnya kegiatan wisuda santri TPQ binaan penyuluh Agama Islam yang nota bene adalah sebagian besar masih berstatus sebagai tenaga honorer.

“Saya sangat mengapresiasi dan menghargai semangat kebersamaan tim pelaksana khususnya Pokjaluh dengan semangat kebersamaan  mampu melaksanakan wisuda dengan jumlah santri terbanyak dibanding wisuda sebelumnyanya,” ungkap Hafid.

Dikatakan, dengan terselenggaranya wisuda ke VI tahun ini  menjadi bukti dari suksesnya penyelenggaraan pendidikan khususnya pada TPQ yang dibina oleh Penyuluh Agama Islam di sembilan kecamatan.

                           


"Ini menjadi bukti bahwa keberadaan penyuluh sebagai wajah Kementerian Agama di setiap wilayah kecamatan telah bertanggung jawab terhadap pembinaan keagamaan di masyarakat yang diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mencerdaskan dan menanamkan nilai moral keagamaan dalam kehidupan sehari-hari," jelasnya.


Terkait terlaksananya kegiatan wisuda santri, Kakan Kemenag mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Sinjai selaku Pemerintah Daerah atas partisipasi dan dukungan penuh yang telah diberikan kepada tim pelaksana kegiatan dalam hal ini Kelompok Kerja Penyuluh lingkup Kementerian Agama Kab. Sinjai dalam mensukseskan wisuda santri TPQ ke VI tahun ini.

Senada dengan Kakankemenag,  Kasi Penerangan dan Penyuluhan Agama Islam Kanwil Kemenag Sulsel, H. Misbah turut berterima kasih kepada Pemerintah Daerah Sinjai atas dukungan dan partisipasi yang diberikan kepada Kementerian Agama sehingga acara tersebut dapat terselenggara dengan baik. "Semoga wisuda hari ini yang dihadiri pejabat lingkup pemerintah daerah Sinjai  dapat berkelanjutan pada wisuda berikutnya," harapnya.

Dikatakan, wisuda VI yang dilaksanakan ini juga masih dalam rangkaian hari santri nasional sesuai dengan tema yang diusung  “bersama santri damailah negeriku”. Ini menun jukkan bahwa keberadaan santri TPQ nantinya bisa menjadi pemimpin bangsa yang berakhlak dan beriman yang memiliki peranan menjaga NKRI.

Dari 1204 santri  yang diwisuda tersebut secara terinci dari 9 kecamatan masing-masing: Kecamatan Sinjai Barat 178 orang, Sinjai Tengah 141 orang, Tellulimpoe 145 orang, Sinjai Timur 177 orang  Sinjai Selatan 299 orang, Bulupoddo 137 orang, Sinjai Utara 62 orang, Pulau Sembilan 37 orang dan Sinjai Borong 98 orang. (kemenag sulsel/fat).

Subscribe to receive free email updates: