Kemenag – Polda Jabar Tanda Tangani Mou Perlindungan Jamaah Umrah

Penandatanganan MoU Pengawasan Haji Khusus dan Umrah (kemenag jabar)
BRNews.id - Sebagai tindaklanjut dari penandatanganan naskah kerjasama untuk pengawasan dan penegakkan hukum terhadap penyelenggaraan ibadah umrah dan haji khusus. yang telah ditandatangani Kemenag Prov. Jawa Barat dan Kapolda Jawa Barat, pada 11 Oktober 2018, maka Kanwil Kemenag dan Polda Jawa Barat melakukan penandatanganan Petunjuk Pelaksanaan Pembinaan, Pengawasan dan Penegakkan Hukum terhadap Penyelenggaraa Ibadah Khusus dan Umrah, Rabu (21/11).


Penandatangan MoU ini berlangsung  di Aula Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Prov. Jawa Barat, Jl. Jend. Sudirman No. 644 Bandung.

Menurut Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah, H. Ajam Mustajam, Kerjasama ini merupakan bentuk perlindungan terhadap jemaah haji khusus dan umrah dari praktik-praktik nakal para travel penyelenggara baik haji khusus maupun umrah.

Ia menambahkan Kerjasama ini tidak hanya berhenti pada penegakkan hukum semata, tetapi juga sebagai upaya menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Kabid PHU menyampaikan bahwa setelah penandatanganan Petunjuk Pelaksanaan ini, akan digelar Roadshow Sosialisasi ke dua daerah, yaitu Kab. Cianjur dan Kota Bekasi yang melibatkan Kankemenag dan Kepolisian setempat.

 Kepala Bagian Tata Usaha, H. A. Handiman Romdony, menilai bahwa penandatanganan ini merupakan wujud dari aplikasi lima nilai budaya kerja Kementerian Agama, yaitu Inovasi. Hal ini merupakan sesuatu yang baru dalam pembinaan, pengawasan dan penegakkan hukum.


Diharapkan dengan inovasi ini dapat mewujudkan pelaksanaan ibadah haji khusus dan umrah dengan baik, sehingga masyarakat dapat menjalankan ibadah dengan aman dan nyaman. Pada kesempatan tersebut, Kabag TU pun menyampaikan apresiasinya kepada Polda Jawa Barat atas kerjasama yang terjalin tersebut.

Polda Jawa Barat diwakili oleh Kasubdit Kerjasama, AKBP Natasha, menyampaikan bahwa legal drafting petunjuk pelaksanaan ini melibatkan beberapa direktorat terkait pada Polda Jawa Barat, seperti Direktorat Penegakkan Hukum, Intelkam serta Kerjasama.

Ia menyampaikan pesan sambutan dari Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Jawa Barat, bahwa dengan kerjasama ini diharapkan terbangun keterpaduan dan sinergitas yang harus terus dipelihara sehingga memberikan solusi dalam menjaga stabilitas penyelenggaraan haji khusus dan umrah. (kemenag/mnm).

Subscribe to receive free email updates: