Kakanwil Kemenagsu Buka Festival Nasyid dan Kaligrafi MAN 3 Medan

Pembukaan Festival Nasyid bertempat di lapangan utama MAN 3 Medan, Sabtu 17 November 2018. (kemenagsu).
BRNews.id - Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara (Kakanwil Kemenagsu) H. Iwan Zulhami, SH. MAP secara resmi membuka Festival Nasyid ke V dan Kaligrafi ke IV tingkat Madrasah Aliyah dan Tsanawiyah. Pembukaan ini  ditandai dengan menabuh rebana (Gendang Nasyid) bertempat di lapangan utama MAN 3 Medan, Sabtu 17 November 2018.


Adapun tema dari acara festival nasyid dan kaligrafi ini, “Dengan Festival Nasyid V dan Kaligrafi IV 2018 Kita Tingkatkan Pengembangan Daya Kemampuan Ketangkasan, dan Sportifitas Dibidang Seni Islam yang Mengedepankan Nilai Ukhuwah dan Kebersamaan Antar Madrasah”. Festival nasyid V dan Kaligrafi IV berlangsung selama 3 hari dari tanggal 17 s.d 19 November 2018.

Hadir juga Kabid Penmad Kanwil Kemenagsu H. Mustapid, MA, Kabid Penais Kanwil Kemenagsu H. Abdul Manan, MA, Kasi Penmad Kemenag Kota Medan, Pengawas MUI Kota Medan, Kepala Komite MAN 3 Medan, staf pegawai dan guru MAN 3 Medan.

Kakanwil Kemenagsu dalam kesempatan itu menyebutkan dengan diadakannya kegiatan festival seni nasyid dan kaligrafi dapat membawakan manfaat bagi pengembangan diri dan pembentukan karakter bagi siswa di Madrasah. 

Sebagai seorang siswa Madrasah, tambahnya, harus dapat membedakan sifat positif dan negatif agar dapat terhindar dari tindakan krimal seperti narkoba, tawuran, ujaran kebencian, berita hoax dan lainnya yang berdampak negatif bagi diri sendiri dan masyarakat.

"Maka dari itu dengan diadakannya kegiatan positif yang dilakukan oleh Madrasah agar dapat membawa siswa dari hal-hal negatif berahli ke hal yang positif," ungkapnya di  web Kemenagsu.

Ia pun berharap agar kegiatan-kegiatan positif yang dilaksanakan Madrasah dapat didukung dan dipertahankan untuk kedepannya.


“Dengan kegiatan festival seni nasyid dan kaligrafi ini dapat membawa manfaat untuk pengembangan jati diri dan pembentukan karakter bagi siswa melalui seni nasyid dan kaligrafi. Dan saya berharap agar siswa Madrasah dapat terhindar dari perilaku yang negatif seperti narkoba, berita hoax, ujaran kebencian dan lainnya,” ungkapnya.

Muhammad Asrul Selaku kepala MAN 3 Medan menyampaikan sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan festival seni nasyid dan kaligrafi yang diadakan di MAN 3 Medan. 

Dengan diadakannya kegiatan ini Asrul berharap dengan meningkatkan nilai-nilai keislaman pada diri seorang muslim terkhusus dilingkungan Madrasah melalui seni nasyid dan kaligrafi dan dapat mengangkat seni nasyid dan kaligrafi ke kaca nasional agar seni nasyid dan kaligrafi tidak hilang dimakan oleh waktu.

“Saya sangat apresiasi dan mendukung penuh kegiatan ini, semoga dengan diadakannya kegiatan ini dapat meningkatkan nilai-nilai keislaman pada diri kita terkhusus dilingkungan Madrasah. Karena itu saya selaku kepala MAN 3 Medan dan para panitia berharap dengan diadakan kegiatan festival seni nasyid dan kaligrafi para pelajar dapat melestarikan budaya Islami agar tidak hilang dimakan oleh zaman,” ungkapnya. (kemenag/azka).

Subscribe to receive free email updates: