Dompet Dhuafa Fasilitasi Tempat Pendidikan di Lombok Utara

Lokasi belajar yang didirikan oleh Dompet Dhuafa di Lombok Utara. (kemenag ntb)
BRNews.id - Gempa yang menimpa kabupaten Lombok Utara beberapa waktu yang lalu dan gempa susulan masih sering terjadi sampai saat ini menyisakan cerita sedih dan kerusakan dimana - mana termasuk bangunan tempat pendidikan. 



Banyak sekolah sekolah dan madrasah dan juga sarana umum lainnya porak poranda tidak bisa difungsikan lagi. Terkait kegiatan pendidikan di Lombok Utara bisa dibilang lumpuh total, tetapi beruntung ada banyak relawan yang mempunyai rasa peduli dan perhatian terhadap pendidikan di Lombok Utara.

Salah satu relawan Dompet Dhuafa yang sangat peduli sekali dengan kondisi ini, kehadiranya di Lombok Utara semenjak bulan Agustus 2018 membawa angin segar dan kembalinya suasana Pendidikan lebih terasa. Dompet dhuafa mulai bulan September 2018 telah mampu membangun empat sekolah darurat dimana masing masing sekolah terdiri dari tiga ruang kelas yang digunakan untuk tempat belajar. 

Salah seorang relawan Dompet Dhuafa Yanti Febrianti asal daerah Dompu ketika ditanya terkait program kegiatan Dompet Dhuafa  pada hari Senin,19 Nopember 2018 di Gangga mengungkapkan telah banyak membentuk kelompok belajar atau telah membina banyak tempat pendidikan di Lombok Utara.

"Sudah ada empat sekolah darurat yang telah dibangun Dompet Dhuafa dan sepuluh titik atau lokasi yang sedang dibina oleh Dompet Dhuafa yaitu SDN 2 Pemenang, MI Tarbiyatul Islamiyyah Dusun Gol, SD Teladan IT Imam Syafi'i Lading Lading Tanjung, TPA Ceria Lokok Bengkok Gondang, MI Ijtihadul Islamiyyah Karang Kendal, SDN 3 Sambil Bangkok, SDN 2 Santong, MI Bayyinul Ulum, SDN 5 Sesait, SDN 1 Gumantar" kata Yanti kepada awak media.



Yanti juga menjelaskan bahwa Dompet Dhuafa di Lombok Utara memiliki beberapa bagian kegiatan diantaranya ada di bidang Divisi pendidikan, Divisi ekonomi, Divisi kesehatan, Divisi lembaga pengembangan masyarakat ( LPM ).

Terkait kegiatannya di bidang pendidikan, Dompet Dhuafa menyelenggarakan pendidikan ceria bagi para korban gempa dalam bentuk bermain, trauma healing. Pendidikan yang diselenggarakan berupa pendidikan di siang hari dan terkadang sering melaksanakan pendidikan di malam hari. (kemenag ntb/mus jonggat).

Subscribe to receive free email updates: