Tokoh Adat Masyarakat Kutim Dukung Desa Sadar Kerukunan

BRNews.id - Peresmian Desa Sadar Kerukunan di Kabo Jaya, Desa Swarga Bara Kec. Sangatta Utara menjadi sorotan positif masyarakat kota Sangatta yang diresmikan oleh Wakil Bupati, H. Kasmidi Bulang, pada Selasa (02/10).


Respon positif tersebut diakui memang terutama bagi masyarakat Sangatta yang memiliki keyakinan  berbeda-beda tak menjadi persoalan serius dalam menjaga kerukunan antar umat beragama di tengah-tengah masyarakatnya yang saat ini terus berkembang sebagai salah satu kabupaten yang belum genap berusia 20 tahun di Kalimantan Timur.

Para tokoh masyarakat adat setempat meyakini, dengan konsep Desa Sadar Kerukunan ini menjadi titik balik Kutai Timur sebagai daerah yang memiliki keanekaragaman dalam etnis, budaya dan keyakinan, yang menjadi satu-kesatuan yang sama untuk memajukan daerahnya.

Apa yang disampaikan salah seorang tokoh masyarakat adat Kutai Timur, dimana disampaikan Kearifan lokal, tradisi, pranata lokal termasuk norma dan adat istiadat sangat efektif mendukung upaya menjaga kerukunan antar umat beragama.

Para tokoh masyarakat adat juga mengajak untuk memupuk saling pengertian dengan lebih memanfaatkan dan mengefektifkan komunikasi antar pemuka agama yang sudah ada. Baik dalam bentuk forum atau dalam bentuk lainnya sebagai wadah untuk terus menggali dan melestarikan unsur kearifan lokal. (kemenag kaltim/fds).

Subscribe to receive free email updates: