Pemkab Sukabumi Gelar Apel Gebyar Hari Santri Nasional

Gebyar Hari Santri Nasional yang digelar Pemkab Sukabumi Senin 22 Oktober 2018. (humas kemenag).
BRNewa.id - Gebyar Hari Santri Nasional (HSN) tingkat Kab. Sukabumi, yang diikuti berbagai kalangan, dari mulai santri salafiyah sampai santri milenial, kalangan masyarakat dan segenap instansi pemerintah  berlangsung khidmat di alun-alun Palabuhanratu,  Senin, 22/10/2018.


Dalam kesempatan ini, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami yang bertindak selaku inspektur upacara,  menyampaikan refleksi sejarah. Ternyata tanggal 22 Oktober ditetapkan sebagai hari santri nasional ini bukan tanpa alasan,  tetapi erat sekali kaitannya dengan perjuangan rakyat Indonesia, khususnya perjuangan para alim ulama dan para santri-santrinya  dalam ikut andil mempertahankan kemerdekaan dari agresi militer Belanda yang kala itu sangat gencar  melakukan serangan-serangan untuk merampas kembali kemerdekaan yang sudah diperoleh bangsa Indonesia.

Peristiwa bersejarah tersebut adalah deklarasi Resolusi Jihad yang  dilakukan pendiri Nahdlatul Ulama, K.H. Hasyim Asy’ari di Surabaya pada tanggal 22 Oktober 1945. Beliau menyerukan kepada santri-santrinya bahwa perjuangan membela Tanah Air merupakan kewajiban bagi setiap Muslim. Oleh karena itu, untuk menghormati perjuangan para alim ulama dan para santrinya, melalui keputusan presiden RI no. 22 Tahun 2015,  setiap tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional.


Dengan bertemakan "Bersama Santri Damailah Negeri”,  maka sejatinya  peringatan HSN tingkat Kabupaten Sukabumi  tahun 2018 ini, bukan sekadar seremonial dan  euphoria belaka, tapi jadikanlah sebagai momentum untuk memperbaiki kualitas diri, menebarkan kedamaian dan kesejukan dimana pun dan kapan pun khususnya bagi santri-santri penerus estafet perjuangan bangsa Indonesia,  demikian amanat Bupati Sukabumi dalam akhir sambutannya.

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan pawai kirab sarungan yang dimeriahkan berbagai unsur dan kalangan, terutama santri- santri dari berbagai wilayah yang ada di Kabupaten Sukabumi. Jayalah snatri, jayalah negeri, bersama santri membangun negeri. Demikian dilaporkan website Kemenag Prov. Jabar. (kemenag/azka).

Subscribe to receive free email updates: