MTsN 2 Kota Palangkaraya Gelar Pelatihan PAS Berbasis Android

BRNews.id - Perkembangan teknologi yang kian pesat harus diimbangi dengan inovasi-inovasi di dunia pendidikan. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, MTsN 2 Kota Palangka Raya akan memanfaatkan handphone berbasis android dan komputer untuk pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) tahun ini.


Untuk memantapkan rencana itu, MTsN 2 melakukan  simulasi pada Senin dan Selasa, 15-16 Oktober 2018.

“Sebelum simulasi, sudah kita siapkan perangkat pendukung termasuk melatih para proktor dan teknisi. Sebanyak 14 proktor dan teknisi sudah kita latih pada, Sabtu (13/10) lalu di laboraturium komputer,” ucap Koodrintor BK-TIK, Humaidi.

Dikatakan, kemajuan teknologi harus dimanfaatkan untuk kemajuan sekolah yang berbasis ITE. Sehingga teknologi yang dimiliki betul-betul dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif.
Dikatakan, persiapan itu dilakukan lebih awal agar UNBK nantinya juga bisa memanfaatkan teknologi itu.

“Pengguan handphone android dan komputer ini juga kita lakukan karena perkembangan dunia pendidikan saat ini semua tes atau ujian baik masuk kejenjang yang lebih tinggi, perguruan tinggi maupun dunia kerja, kini menggunakan online,” tambahnya.

Terkait handphone yang akan dipergunakan dalam ujian tersebut, Humaidi menjelaskan, handphone yang dipergunakan adalah HP milik para siswa.

“Saat ini, hampir semua siswa memiliki handphone berbasis andoid. Jika siswa belum memiliki handphone dimaksud, mereka bisa bawa laptop. Dan jika keduanya tidak ada, maka sekolah telah menyiapkan 100 unit komputer di empat laboratorium komputer yang dimiliki MTsN 2,” ujarnya.


Secara teknis, lanut dia, ujian berbasis android ini tidak memiliki perbedaan mencolok dengan ujian konvensional lainnya. Namun yang membedakan hanya media yang digunakan untuk mengerjakan soalnya saja.

Media yang digunakan siswa cukup menyiapkan handphone Android pengganti komputer client. Masing-masing siswa memiliki usernama dan password untuk login di aplikasi CBT kemudian mengerjakan soal.

“Hemat dan efisien itulah salah satu kelebihan ujian CBT. Tidak butuh lagi kertas, pensil, serta memudahkan guru tidak perlu lagi mengoreksi lembar jawaban siswa, karena usai ujian nilainya lansung muncul di monitor handphone siswa.” jelas Humaidi.

Sekadar diketahui, pada tahun ini MTsN 2 Kota Palangka Raya telah sukses menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Penilaian Akhir Tahun Berbasis Komputer (PATBK). (kemenag kalteng/delly).

Subscribe to receive free email updates: