Meriahkan HS 2018, Ribuan Santri Pawai Keliling Bumi Teuku Umar

BRNews.id - Dalam rangka memeriahkan Hari Santri 2018, pemerintah Kabupaten Aceh Barat bekerjasama dengan Kementerian Agama Provinsi Aceh menggelar parade atau pawai taaruf santri.  Ribuan pelajar dan santri dari puluhan pondok pesantren di Kabupaten Aceh Barat mengelilingi Bumi Teuku Umar, Jum'at (19/10).



Tampak ikut juga sejumlah Kepala Dinas di jajaran Kabupaten Aceh Barat, serta jajaran Kemenag setempat dan Kanwil Kemenag Aceh. Pawai yang mengangkat tema "Bersama Santri, Damailah Negeri" ini membuat bumi Teuku Umar padat. Lantunan salawat pun menggema sepanjang jalan.

Pawai keliling peringatan Hari Santri 2018 ini dilepas Wakil Bupati Aceh Barat Banta Puteh bersama Kankanwil Kemenag Provinsi Aceh M Daud Pakeh. Hadir juga Danrem Teuku Umar, Forkompimda, beserta Pimpinan Pondok Pesantren se Aceh Barat.

Selain ribuan peserta pawai, masyarakat juga memadati jalan menyaksikan rute yang dilalui peserta pawai yang dimulai dari Komplek Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh, berjalan melalui Jl. Imam Bonjol, Jl. Gajah Mada, Jl. Nasional, kembali ke Jl. Gajah Mada, Jl. Imam Bonjol serta kembali lagi ke Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh.

Bupati Aceh Barat dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Bupati mengajak para santri dan umat muslim untuk tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan saling menghormati antara sesama demi kerukunan umat bergama.

Untuk itu, para santri harus mampu tampil di semua lini kehidupan tanpa meninggalkan kesantriannya. Ppara santri juga diminta menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas dengan membudayakan keselamatan demi kepentingan bersama.

Kakanwil Kemenag Aceh, M. Daud Pakeh mengatakan, Kanwil Kemenag Provinsi Aceh telah menetapkan Kota Meulaboh Kabupaten Aceh Barat, sebagai tempat Peringatan Hari Santri (HS) 2018 Tingkat Provinsi Aceh.

"Tahun ini  upacara atau peringatan Hari Santri Provinsi Aceh akan dilaksanakan di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, pada 20 Oktober 2018. Selain itu, Kemenag juga menginstruksikan kepada Kakankemenag Kabupaten/Kota di seluruh Aceh untuk melaksanakan upacara peringatan hari santri, juga di Dayah Dayah untuk menyemarakkan Hari Santri 2018," ujar Kakanwil.


Ia menyampaikan terimakasih kepada Bupati Aceh Barat dan jajaran yang telah mendukung penuh kemeriahan Hari Santri di Aceh. Bahkan, Pemda Aceh  Barat telah mengalokasikan dana khusus untuk pelaksanaan kegiatan tersebut sebesar Rp300 juta.


"Kini negara hadir untuk santri. Bahkan Kementerian Agama mengembalikan kiprah, harkat martabat Pondok Pesantren dengan beberapa progam unggulan, seperti program Mu'adalah dan Ma'had Ali, di mana lulusannya setara dengan perguruan tinggi. Lembaga pondok pesantren diakui negara, santri diakui negara, ijazahnya juga diakui negara," ucap Kakanwil.

Dalam memeriahkan Hari Santri 2018,  Kemenag dan Pemerintah Aceh Barat juga telah melaksanakan serangkaian kegiatan sejak Sabtu (12/10) lalu. Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Aceh Barat Ramli MS di Aula Setdakab setempat. Menurut Ramli, Pemerintah Aceh Barat terus melaksanakan program penegakan syariat Islam. "Saya mengajak seluruh masyarakat terutama santri untuk mewujudkannya," kata Ramli.

Berikut Sejumlah Perlombaan dalam memeriahkan  Hari Santri 2018 di Aceh Barat:
1. Musabaqah Qiraatul Kutub dan Pidato Bahasa Indonesia.
2. Pidato Bahasa Arab dan Lomba Baca Puisi Islami.
3. Musabaqah Fahmul Kutub dan Rebana. (Inmas Aceh).

Subscribe to receive free email updates: