FKDT Ciamis Gelar Porsadin Tingkat Kabupaten di Kecamatan Kawali

BRNews.id - Forum Komunkasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Ciamis menggelar Porsadin tingkat Kabupaten denga tema Kreatif dan Inovatif menjaga Tradisi mengawal Inovasi. Porsadin ini sebagai persiapan Porsadin tingkat Provinsi Jabar yang akan digelar pada November mendatang.


Kegiatan tersebut di hadiri Bupati Ciamis diwakili Asda II dan jajarannya, Kepala Kankemenag Ciamis diwakili Kasi PD Pontren dan Jajarannya, Ketua umum DPW FKDT Provinsi Jawa Barat, Ketua Umum FKDT Kab. Ciamis dan undangan lainnya, PORSADIN V tingkat Kabupaten tahun ini dipusatkan di Kecamatan Kawali pada tanggal 5- 7 Oktober 2018.

Ketua Panitia Anwar Baihaqi M.Pd. menyampaikan bahwa Porsadin tahun 2018 ini diikuti peserta untuk DTA perkecamatan 31 orang, DTW 12 orang , guru 9 orang jumlah 62 orang. Jumlah perkecamatan 95 orang x 27 kecamatan kurang lebih 2.565 orang yang ada di Kecamatan Kawali saat ini ditambah Oficial 15 orang , Pendamping 15 orang, Kafilah 3 orang dan cabang yang akan diikuti 15 mata lomba.

Lomba diantaranya untuk DTA Tahfidz juz amma, Cerdas cermat, Pidato B. Arab, Pidato B. Indinesia, Kaligrafi, Murotal wal Imla, Puisi Islami, Atletik, Tenis meja, MQK dan untuk DTW Qiroatul kutub (MQK), Syarhil Qur’an, Qosidah rebana dan mata lomba  untuk guru Qosidah rebana.

Selanjutnya ketua umum FKDT Kabupaten Ciamis Drs. Abdul Wahab dalam sambutannya menyampaikan bahwa Porsadin adalah merupakan bagian dari kegiatan yang diselenggarakan di Indonesia dan merupakan evaluasi untuk mengukur tingkat prestasi santri-santri Diniyah  baik akademik maupun non akademik.

Disela sela  sambutannya dia juga  mengingatkan kembali bahwa Ciamis sudah dua kali menjadi juara  umum Porsadin  tingkat Jawa Barat  yaitu di Kab. Sumedang dan di Kab. Cianjur, dan dari Ciamis ada 5 torehan medali emas mewakili Jawa barat untuk itu kalau Ciamis nanti ingin mewakili Jawa barat ke Bangka Belitung maka berprestasi lebih baiklah untuk kita berlomba tingkat Provinsi Jawa Barat yang berlomba di Kabupaten Indramayu  pada tanggal 23-24 November 2018.

Begitupun juga Ketua umum DPW FKDT Provinsi Jawa Barat H. Asep Eli. Dalam sambutannya mengucapkan terima kasih Ciamis menjadi juara umum tingkat Provinsi Jawa Barat, ini merupakan kebanggaan bagi warga masyarakat Jawa Barat karena berhasil meraih beberapa prestasi yang berasal dari Kabupaten Ciamis. 


Oleh karena itu ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh komponen aparatur pemerintah dan warga masyarakat Ciamis yang telah membantu keberhasilan PORSADIN termasuk pengembangan Madrasah Diniyah Takmiliyah di Kabupaten Ciamis dan kami juga merasa bangga di Ciamis sudah ada regulasi yang mengatur tentang MDTA untuk itu kami mohon titip  pada pemerintah untuk tetap memperhatikan  keberadaan MDTA karena MDTA ini katagorinya pendidkan non formal berkat swadaya masyarakat, namun karena sentuhan perhatian dari pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Ciamis Alhamdulillah MDTA di Ciamis dapat maju seperti ini.

Sementara itu Kasi PD Pontren  H. Komar Ismail , MM  menambahakan Alhamdulillah acara yang meriah ini berjalan dengan lancar  mudah-mudahan sukses sampai akhir sehingga menghasilkan anak-anak terbaik  nanti pada saatnya 24 november yang akan datang dapat mewakili Kabupaten Ciamis untuk mengikuti PORSADIN Tingkat Provinsi Jawa barat di Kab. Indramayu   dan “mudah-mudahan Kabupaten Ciamis bisa meraih kembali juara di Tingkat Provinsi jawa Barat”.

Selanjutnya di akhir acara Bupati Ciamis diwakili ASDA II H. Wasdi resmi mebuka Porsadin ini. Dalam sambutanya mengatakan pemerintah daerah sangat apresiasi, memperhatikan dan mendukung MDTA dan semua kita tahu bahwa anak-anak itu adalah sebagian manusia sekarang tapi akan menjadi gambaran kehidupan dimasa yang akan datang kalau MDTA anak-anak kita jauh dari agama maka gambaran suram di masa yang akan datang tapi kalau FKDT, MDTA  seluruh lembaga keagamaan masih eksis di muka bumi ini maka itulah gambaran yang sangat membahagiakan di masa yang akan datang. (kemenag jabar).

Subscribe to receive free email updates: